Arsip  

Twitter Beli Perusahaan “Missed Call” Seharga 30 Juta Dollar

Twitter kembali mengumumkan aksi akusisinya yang terbaru. Platform jejaring sosial 140 karakter ini telah membeli sebuah sebuah perusahaan bernama ZipDial yang berbasis di India.

ZipDial merupakan perusahaan layanan ‘missed call’. ZipDial menyediakan nomor telepon khusus untuk sebuah brand atau perusahaan. Nomor tersebut bisa dijadikan alat interaksi brand atau perusahaan dengan para konsumennya yang ingin mencari informasi. Hanya dengan melakukan panggilan tak terjawab ke nomor tersebut, dalam hitungan detik, perusahaan akan menelepon balik ke konsumen.

Sejak didirikan 2010 lalu, sampai saat ini sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan ZipDial. Di antaranya adalah Unilever, Disney, Gillette, Amazon, Facebook dan Twitter sendiri. Perusahaan ini didirikan oleh Valerie Wagoner, wanita kelahiran California yang pindah ke India.

zipdialimage via @zipdial

Tidak hanya perusahaan yang menggunakan Zipdial, tapi juga orang-orang terkenal di India. Diantaranya Politikus seperti Narendra Modi, artis India Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan. Mereka menggunakan ZipDial untuk berhubungan dengan para penggemar dan follower mereka.

Platform ini dibuat berdasarkan pengalaman Wagoner selama berada di India. Banyak pengguna ponsel di India lebih suka “ngirit” dengan melakukan panggilan tak terjawab untuk menyampaikan pesan bahwa si penelepon ingin berkomunikasi. Pengguna menelepon nomor orang lain, lalu kemudian menutupnya sebelum terlanjur terkena tarif.

Dalam keterangannya saat mengumumkan akuisisi ZipDial, Twitter mengungkapkan, “bagi banyak orang pengalaman menggunakan internet mereka didapatkan dari handphone masing-masing, tapi tarif data yang mahal menghalangi mereka untuk menggunakan internet lebih baik lagi “. Dan sekarang Twitter bisa menggunakan ZipDial untuk meraih pangsa pasar pengguna yang ‘minim’ paket data atau koneksi internet.

Twitter sendiri merogoh kocek sekitar US$30 juta untuk akusisi ini. Angka tersebut memang cukup murah untuk sekelas Twitter, namun untuk ukuran startup, ZipDial angka tersebut cukup berharga.

image via Twin Design / Shutterstock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.