Tips Mengecilkan Ukuran File Lagu di iDevice

  • Share
Cewek Kece Lagi Dengerin Lagu Pakai iPhone
Cewek Kece Lagi Dengerin Lagu Pakai iPhone

Buat kalian yang punya iDevice tentu aja mengalami enak dan gak enaknya pakai device buatan Apple tersebut ya gais. Salah satu hal yang gak enak pakai iDevice adalah kapasitas penyimpanannya yang tidak bisa ditambah. Kalau kalian udah pakai iDevice dengan kapasitas besar sih tidak menjadi masalah, tapi buat kalian yang pakai iDevice dengan kapasitas kecil tentu ini bisa menjadi masalah. Apalagi buat kalian yang hobi nyimpen foto, gambar, musik, dan video dalam jumlah yang banyak.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengakali terbatasnya kapasitas penyimpanan iDevice biar kapasitasnya gak cepet penuh, misalnya aja dengan menghapus beberapa file yang udah tidak dibutuhkan lagi atau bisa juga me-uninstall aplikasi lalu me-installnya kembali. Tapi ada satu cara lagi nih gais yang bisa kalian lakukan biar kapasitas penyimpanan iDevice kalian menjadi lebih ‘lega’.

Caranya adalah dengan mengecilkan ukuran file lagu yang ada di iDevice kalian. Wah emangnya bisa ya? Bisa kok gais, tapi yang perlu kalian perhatikan adalah jika nanti ukuran file lagunya udah kecil, maka kualitas audionya juga bakalan berkurang. Kalau kalian termasuk penikmat audio dengan kualitas tinggi jangan ikuti cara berikut ini gais.

Sebelumnya, ukuran file lagu dipengaruhi oleh bit rates dari masing-masing lagu tersebut. Kalau kalian jajan lagu di iTunes, maka ukuran bit rates-nya adalah 256 kbps, namun kalau lagu kalian berasal dari CD maka ukuran bit rates-nya bisa 320 kbps. Nah yang harus kalian lakukan adalah mengecilkan ukuran bit rates lagu tersebut gais, bisa dikecilkan pada ukuran 128 kbps aja gais.

Kalau seandainya aja kalian menggunakan earphone yang murah, maka ukuran bit rates lagu yang kecil tidak akan menjadi masalah kok. Tapi kalau kalian pakai earphone atau headphone dengan kualitas jempolan, maka lagu dengan bit rates kecil tidak akan terdengar bagus.

Cara untuk mengecilkan ukuran file lagu juga gampang kok gais, gak perlu bantuan aplikasi macem-macem gitu. Yang kalian butuhkan hanyalah iTunes. Berikut caranya gais, monggo disimak.

Pertama-tama kalian harus mencolokan iDevice kalian ke komputer. Jika udah dicolokan jangan lupa buka iTunesnya ya gais. Nah nanti kalau iTunesnya udah kebuka kalian bisa masuk ke device panel yang ada di iTunes.

Scrinsut iTunes
Scrinsut iTunes

Setelah itu klik aja menu ‘Summary’ yang ada di layar sebelah kiri iTunes. Nanti kalian akan menemukan pilihan untuk melakukan convert lagu yang ada di iDevice.

Scrinsut iTunes
Scrinsut iTunes

Pilih aja pilihan convert tersebut gais, nanti kalian akan diberikan pilihan berapa bit rates yang kalian inginkan untuk me-convert lagu tersebut. Semakin rendah bit rates maka ukuran lagu semakin kecil dan kualitas audio semakin jelek.

Scrinsut iTunes
Scrinsut iTunes

Langkah terakhir tinggal klik tombol ‘sync’ dan lagu di iDevice kalian akan di-convert. Nanti ukuran file lagu tersebut akan semakin kecil gais, dan kapasitas penyimpanan iDevice kalian akan menjadi tambah ‘lega’.

Scrinsut iTunes
Scrinsut iTunes

Berikut tips yang bisa kami berikan gais, gampang kan caranya? Semoga bermanfaat buat kalian.

Gambar: Cewek Kece Lagi Dengerin Musik Pakai iPhone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.