Arsip  

Akhirnya, Black Box AirAsia QZ8501 Ditemukan Oleh Penyelam TNI AL

Pesawat Air Asia

NGONOO.com – Setelah menemukan ekor pesawat AirAsia QZ8501 beberapa hari lalu, pencarian kemudian diteruskan untuk mencari posisi Black Box yang telah bergeser dari tempat semestinya. Berita baiknya, Tim Penyelam TNI AL yang berada di KN. Jadayat berhasil menemukan Black Box atau Kotak Hitam AirAsia QZ8501.

Pengangkatan Ekor AirAsia
Pengangkatan Ekor AirAsia/Credit : TribunNews/Prasetyo Utomo

Gambar : Pengangkatan Ekor Asia QZ8501 Via TribunNews

Penemuan itu terjadi pada posisi 03.37.21 S/109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30 sampai 32 meter seperti yang diberitakan Tribunnews Minggu (11/1/14).

“Black Box berada pada himpitan serpihan badan pesawat, keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilanya,” kata A Tonny Budiono, yang menjabat sebagai Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Karena keterbatasan waktu, pengambilan Black Box akhirnya harus ditunda dilaksanakan esok pagi. Rencananya, pengambilan itu akan dilakukan dengan cara menggeser serpihan badan pesawat secara perlahan. Kemudian jika gagal, baru akan dilakukan langkah selanjutnya yaitu menggunakan teknik balon, seperti yang sudah dilakukan untuk evakuasi ekor pesawat.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Indojoyo Soesilo, mengaku bangga dengan kinerja tim BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang telah melakukan tugas sejak 28 Desember lalu.

Sementara untuk persiapan esok hari, Tony Budiono juga mengatakan tim penyelam sudah memasang Marker Buoy yang sudah disiapkan sebelumnya.

“Untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya (esok pagi hari) maka tim penyelam TNI AL telah memasang Marker Buoy kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN. Jadayat,”

Meski posisi Black Box telah ditemukan, tetapi pencarian akan terus dilanjutkan karena masih cukup banyak korban yang belum ditemukan. Selain itu, tim juga masih terus mencari serpihan badan pesawat naas AirAsia QZ8501.

Congrats tim, lanjutkan perjuanganmu mencari seluruh korban AirAsia QZ8501. Kita nantikan kabar baik selanjutnya dari proses pencarian AirAsia QZ8501.

Artikel Terkait:

Konspirasi Hilangnya AirAsia QZ 8501 Bocor di Sebuah Forum Tiongkok

Kontroversi Rencana Penghapusan Penerbangan Murah Oleh Menteri Jonan

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.