Corning Akan Membuat Layar Anti Gores Menggunakan Bahan Sapphire

  • Share
Kunci Yang Bisa Menggores Layar Handphone
Kunci Yang Bisa Menggores Layar Handphone

NGONOO.com – Beberapa bulan yang lalu, Corning mengumumkan bahwa mereka akan melakukan perbaikan pada produk mereka, yaitu Gorilla Glass. Gorilla Glass sendiri merupakan kaca anti gores yang ada pada layar smartphone, namun tidak semua smartphone sudah menggunakan lapisan Gorilla Glass ini.

Dan kali ini Corning kembali dengan pernyataan barunya yang mengatakan bahwa mereka sudah memproduksi kaca baru yang lebih kuat.

Kaca baru tersebut akan mempunyai daya tahan terhadap benturan yang lebih kuat lagi dari versi sebelumnya, selain itu juga akan tahan terhadap “kecelakaan” lain yang kemungkinan bisa melanda smartphone akibat dari penggunaan sehari-hari, seperti tahan dari goresan-goresan.

Produk Corning yang paling baru adalah Gorilla Glass 4, namun sayangnya hanya sedikit produsen smartphone yang menggunakan kaca Gorilla Glass 4 tersebut. Akan tetapi Corning tetap memutuskan untuk menatap ke depan, yaitu dengan menghadirkan proyek Phire, yaitu proyek baru yang memadukan ketahanan Gorilla Glass 4 dengan lapisan anti gores baru yang terbuat dari bahan sapphire.

Corning Gorilla Glass 4
Corning Gorilla Glass 4

Saat Apple meluncurkan produk terbaru andalannya, yaitu iPhone 6, banyak pihak yang berekspektasi bahwa iPhone 6 tidak akan menggunakan bahan kaca lagi untuk layarnya, yang notabene selama beberapa tahun terakhir selalu disuplai oleh Corning.

Mereka berekspektasi bahwa layar iPhone 6 akan menggunakan bahan dari sapphire untuk layarnya, namun ternyata iPhone 6 masih menggunakan bahan kaca dari Corning. Hal itu lantaran perusahaan rekanan Apple yang memproduksi bahan layar dari sapphire, yaitu GT Advanced malah mengalami kebangkrutan.

Bahan sapphire sendiri memang sangat tahan terhadap goresan, namun bahan tersebut ternyata tidak terlalu kuat untuk menahan benturan. Hal inilah yang membuat Corning sedang melakukan proyek penggabungan Gorilla Glass 4 dengan bahan anti gores dari sapphire.

Menariknya, proyek Phire tersebut dikabarkan akan mulai dijual Corning pada tahun ini. Ini berarti bisa saja generasi baru iPhone dan smartphone high-end lainnya di tahun mendatang sudah menggunakan bahan terbaru dari Corning.

Gambar: Kunci Yang Bisa Menggores Layar Handphone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.