Microsoft Akan Membuat Cortana Agar Bisa Dipakai di Android dan iOS

  • Share
Cewek Lagi Ngajak Ngobrol Cortana
Cewek Lagi Ngajak Ngobrol Cortana

NGONOO.com – Kalian sudah tidak asing lagi kan dengan istilah asisten pribadi yang ada di smartphone? Nah, Microsoft melalui asisten pribadi andalannya, yaitu Cortana, nampaknya ingin melakukan inovasi besar-besaran nih.

Inovasi apa sih emangnya? Gini bero, seperti yang sudah kita ketahui, setiap OS mempunyai asisten pribadinya masing-masing. Seperti Apple dengan Siri, Google dengan Google Now, dan Microsoft dengan Cortana. Masing-masing asisten pribadi tersebut hanya bisa berjalan di OS-nya sendiri, atau tidak bisa dijalankan di OS yang lainnya. Misalnya aja, Siri tidak bisa dijalankan di Windows Phone, dan begitu pula sebaliknya, Cortana tidak bisa dijalankan di iDevice.

Microsoft Cortana
Microsoft Cortana

Oleh karena itu, Microsoft sedang mengembangkan Cortana agar kedepannya bisa dijalankan di OS lain, baik di iOS maupun di Android. Nantinya Cortana akan berdiri sendiri sebagai sebuah aplikasi dan akan tersedia di masing-masing market OS tersebut, yaitu di App Store maupun di Google Play Store. Dengan begitu, pengguna iOS maupun pengguna Android akan bisa mencicipi Cortana melalui device-nya masing-masing.

Eric Horvitz, selaku pihak yang mewakili Microsoft Research mengatakan bahwa “teknologi yang bisa membaca dan memahami isi email akan mempunyai peran yang sangat penting bagi Cortana generasi berikutnya”. Dimana saat ini Microsoft sendiri memang sedang mengembangkan teknologi tersebut lebih jauh melalui proyeknya yang disebut “Proyek Einstein”.

Semoga aja Cortana generasi baru nantinya bisa diandalkan dan benar-benar bisa berfungsi layaknya asisten pribadi kita. Dan semoga saja Cortana akan bisa mendukung bahasa Indonesia, jadi kita bisa menggunakan Cortana lebih maksimal lagi, seperti diajak curhat misalnya.

Kita tunggu saja kedatangan Cortana di App Store maupun di Google Play Store.

Gambar: Cewek Lagi Ngajak Ngobrol Cortana via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.