Tips: Begini Caranya Mengambil Screenshot di Mac

  • Share
Mac

NGONOO.com – Halo sobat NGONOO, kali ini kami akan berbagi tips sederhana tapi mungkin aja bisa berguna buat kalian. Jika pada kesempatan yang lalu kami sudah memberikan cara agar kalian bisa mengupload foto ke Instagram pakai Mac, maka untuk kesempatan kali ini kami akan memberitahukan bagaimana caranya mengambil scrinsut di Mac.

Mungkin buat kalian pengguna Mac lama sudah tau bagaimana caranya mengambil scrinsut, namun buat kalian pengguna Mac baru mungkin masih belum tau gimana caranya.

Tapi tenang aja bero, buat kalian yang belum tau caranya akan kami kasih tau kok. Cara mengambil scrinsut di Mac ternyata juga mudah banget bero, kalian pasti bisa mempraktekannya.

Sebelumnya, ada tiga cara capture image di Mac yang bisa kalian pilih dan semua cara tersebut membutuhkan bantuan keyboard. Tiga cara tersebut adalah capture seluruh screen, capture sebagian screen, dan capture window tertentu.

Screenshot Mac
Screenshot Mac

Terus gimana cara ngambil scrinsutnya ya? Silahkan ikuti cara berikut ini bero.

1. Capture Keseluruhan Screen

Untuk me-capture keseluruhan screen, yang harus kalian lakukan hanyalah menekan tombol command + shift + 3. Hasil gambar yang berhasil kalian capture akan tersimpan di desktop, jadi kalian gak perlu lagi repot-repot nyari di dalam folder gitu.

2. Capture Sebagian Screen

Untuk cara yang satu ini juga tidak kalah mudahnya bero. Kalian hanya tinggal menekan tombol command + shift + 4. Nantinya akan muncul crosshair yang bisa kalian pakai untuk memilih area scrinsut yang ingin kalian capture. Tekan dan kemudian drag di sepanjang area yang kalian inginkan. Jika sudah, kalian tinggal lepas dan nanti hasil gambar yang di-capture akan tersimpan di desktop.   

3. Capture Pada Window Tertentu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan window yang akan kalian capture sudah terlihat dengan sempurna, setelah itu kalian tinggal menekan tombol command + shift + 4 dan ikuti dengan menekan tombol Spasi. Nanti akan ada ikon kamera kecil yang muncul dan klik mouse untuk capture.

Itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengambil scrinsut di Mac, gampang kan caranya? Selamat mencoba bero.

Gambar: Mac via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.