Puluhan Telur Dinosaurus Telah Ditemukan di Cina

  • Share

NGONOO.com – Nemu telur ayam di jalan sih namanya rejeki ya gaes, tapi kalo nemu telur dinosaurus di jalan gimana jadinya? Jangan-jangan telur dinosaurusnya nanti bisa menetas dan jadi dinosaurus predator yang mengerikan! hiiii serem juga ya gaes kalo beneran terjadi.

Nah ngomong-ngomong soal penemuan telur dinosaurus, beberapa waktu yang lalu sekelompok pekerja yang sedang melakukan perbaikan jalan di tengah kota Heyuan, Provinsi Guangdong, China selatan menemukan puluhan telur dinosaurus! wow!

fosil telor dinosauruspenemuan fosil telur dinosaurus di tengah kota via Mirror.co.uk

Mereka menemukannya saat melakukan penggalian di  jalan raya. Total ada 43 telur dinosaurus yang ditemukan telah menjadi fosil, 19 di antaranya masih memiliki bentuk yang utuh. Menurut arkeolog Du Yuanli, puluhan telur itu kemungkinan berasal dari 65 hingga 230 juta tahun yang lalu pada Era Mesozoic saat dimana tyrannosaurus rex menjelajahi bumi. Puluhan fosil telur dibagi dalam 14 grup berbeda. Fosil telur terbesar memiliki diameter 13 sentimeter.

Yuanli juga mengatakan: “Telur yang ditemukan di lapisan batuan dari batu pasir merah, sebuah lingkungan di mana fosil telur dinosaurus lainnya juga sebelumnya telah ditemukan”. Saat ini pihaknya sedang melakukan tes untuk menentukan spesies telur dinosaurus apa yang telah mereka temukan tersebut.

Di kawasan Heyuan memang sering disebut sebagai hotspot dinosaurus, sebelumnya banyak ditemukan fosil lainnya seperti tulang belulang, jejak kaki dan telur. Namun penemuan 43 fosil telur ini disebutkan sebagai yang terbesar ditemukan di wilayah perkotaan.

Pada 2004, Museum Fosil Dinosaurus Heyuan diakui Guinness World Records sebagai pemilik koleksi fosil telur dinosaurus terbanyak di dunia, yakni mencapai 10.008.

telur dinosaurus via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.