Perubahan Tren Bentuk Alis dari Masa ke Masa

  • Share

NGONOO.com – Saat ini para remaja putri, embak-embak, sampai ibu-ibu sedang ‘terjangkit’ tren make up dengan alis tebal. Entah siapa yang memulai pertama kalinya, namun tren alis tebal saat ini memang terbukti membuat pensil alis menjadi barang buruan utama yang penjualannnya mengalami peningkatam drastis.

Fenomena alis tebal tersebut bahkan memunculkan sebuah  pepatah baru yang berbunyi “pantang pergi sebelum alis jadi”. Dan sepertinya pepatah itu memang benar adanya. Kebanyakan mbak-mbak sekarang akan rela meluangkan waktu lebih untuk dandan demi fokus membuat alis agar lebih tampak tebal dan cetar membahana.

shutterstock_248906638bikin alis via Shutterstock

Kalo saat ini alis tebal lagi jadi tren, mungkin beberapa tahun yang lalu alis tipis segaris justru merupakan simbol kecantikan pada wanita. Hmm, jadi penasasan deh sama tren alis yang pernah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Apakah benar kalo tren make up itu juga seperti tren baju yang hanya berputar dari masa ke masa?

Daripada tambah penasaran, yuk langsung aja kita cari tau bagaimana tren bentuk alis dari masa ke masa.

Mesir Kuno

cleopatra

Kaum pria maupun wanita di era ini berlomba-lomba membentuk alis tebal dan panjang. Mereka menggunakan karbon dan bahan black oxide untuk membuat garis mata. Ini dilakukan untuk penghormatan terhadap Dewa Mesir Horus.

Yunani Kuno

alis yunani

Kalo jaman sekarang bentuk alis yang nyambung sangat dihindari, maka pada era yunanni kuni justru para wanita menginginkannya. Mereka membentuk alis dengan bahan dupa warna hitam, bubuk, atau cat hitam.

Abad Pertengahan

alis abad pertengahan

Pada abad pertengahan merupakan era kejayaan bagi dahi. Oleh karena itu para kaum wanita di masa itu mencukur alis dan bahkan bulu mata mereka! Rambut di garis rambut pun dicabuti untuk menampilkan bagian dari wajah. Widih, ekstrim juga ya gaes. Ratu Elizabeth I lah yang terkenal dengan gaya tersebut.

Era Kolonial

alis era kolonial

Rambut mengembang dan kulit pucat merupakan tren pada era ini. Untuk membuat wajah mereka berkarakter para wanita menggunakan pewarna gelap untuk alis mereka dan juga menggunakan pemerah pipi.

Era Victoria

alis era victoria

Pada era ini, dandanan menor membuat seseorang diasosiasikan dengan pekerja seks. Maka para kaum wanita pun melakukan rutinitas kecantikan yang ringkas. Riasan pun dibuat senatural mungkin, begitu juga dengan alis yang dibiarkan alami apa adanya.

1920an

alis tera 1920

Bintang film bisu seperti Clara Bow mempopulerkan tren alis yang amat tipis dan seperti digambar dengan pensil. Wanita pada era ini juga menggunakan petroleum jelly untuk membuat alis mereka berkilau dan tetap di tempatnya.

1930an

alis era 30an

Tren alis menukik tajam yang membuat wajah terlihat lucu, ternyata benar-benar pernah ada. Alis menukik dipopulerkan oleh para ikon kecantikan seperti Jean Harlow di era tahun 30an.

1940an

alis era 40an

Setelah era alis menukik pada masa ini selebriti seperti Lauren Bacall datang dengan gaya lebih natural. Di era vintage ini, alis yang terlihat natural lebih diminati di kalangan wanita dibarengi dengan munculnya tren lipstik merah.

1950an

alis 50an

Nah tahun ini merupakan masa di mana pensil alis banyak dicari. Wanita-wanita di era ini ingin memiliki alis tebal dan dramatis ala Audrey Hepburn dan Marilyn Monroe.

1970an

alis 70an

Di era tahun ini  gaya natural dan segar dengan alis alami tanpa diwarnai ataupun dibentuk kembali menjadi pilihan banyak wanita.

1980an

alis 80an

Setelah alis alami melewati masanya, maka rambut mekar dan alis tebal pun lagi-lagi menjadi tren. Brooke Shields pun menjadi trendsetter dengan alis “ulat bulu”-nya.

1990an

alis 90an

Yup tren memang selalu berputar, seperti alis tipis ala tahun 20an dan 30an yang kembali digandrungi di era 90an. Selebriti dengan gaya ini antara lain adalah Pamela Anderson, Drew Barrymore, dan Gwen Stefani.

2010an

alis 2010

Nah di era saat ini tren alis tebal kembali naik daun. Apalagi dengan teknologi kecantikan alis sudah begitu maju, seperti sulam alis membuat wanita jaman sekarang bisa dengan mudah memiliki bentuk alis sesuai keinginan dengan cepat dan mudah. Kalopun ga mau dengan cara sulam alis, pensil alis pun akan selalu menjadi pilihan utama untuk membentuk alis tebel.

gambar Alis via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.