‘Battle of Surabaya’, Film Animasi Indonesia yang Dilirik Pihak Disney

  • Share

NGONOO.com – Indonesia mungkin bisa dibilang kurang produktif dalam memproduksi film-film animasi atau film kartun. Tapi jangan salah gaes, Indonesia ternyata punya film kartun yang ga diragukan lagi prestasi dan kualitasnya. Yap film kartun tersebut berjudul Battle of Surabaya.

Film yang diproduksi oleh MSV Pictures (anak perusahaan kampus STMIK Amikom Yogyakarta) itu disebut-sebut sebagai pelopor film animasi yang berstandar Internasional. Bahkan menurut penuturan Aryanto Yuniawan sang sutradara sutradara Battle of Surabaya (BOS), film tersebut telah dilirik oleh perusahaan film animasi raksasa dunia, Disney.

44254Film kartun Battle of Surabaya

Disney pun telah memberikan tiga opsi untuk MSV Pictures terkait hal tersebut. Pertama, Disney membeli proyek tersebut. Kedua, Disney membantu dalam mendistribusikan film Battle of Surabaya di jaringannya. Atau ketiga, Battle of Surabaya dapat tayang di Disney Channel layaknya Ipin dan Upin. Namun, pihak MSV Pictures belum memastikan opsi mana yang nantinya mereka pilih. Karena, proses produksi keseluruhannya baru dijadwalkan rampung sekitar bulan April lalu. Mereka akan kembali berdiskusi dengan pihak Disney setelah merampungkannya.

Tokoh dan cerita di film ini merupakan fiktif belaka, namun berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945. Film ini bercerita tentang petualangan Musa, bocah 13 tahun, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir pesan rahasia untuk pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya. Pesan -pesan rahasianya dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo.

Selain menyuguhkan cerita lokal dengan citarasa film Hollywood, animasi yang menghabiskan dana sebesar Rp 15 miliar ini semakin menarik dengan adanya Reza Rahadian dan Maudy Ayunda sebagai pengisi suara tokoh-tokoh utamanya.

Walaupun telah dirilis pada28 September 2014, film ini diperkirakan akan tayang di bioskop secara luas pada 20 Agustus 2015. Untuk pemasarannya, pihak BOS juga membuat program pemasaran mulai dari merchandising hingga meliris game Battle of Surabaya.

Bro n sest penasaran kaya apa cuplikan film kartun Battle of Surabaya yang telah memenangkan berbagia penghargaan dari dalam maupun luar negeri ini? Langsung deh, yuk kita intip trailernya berikut ini.

gambar Walt Disney pictures via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.