Sejarah Kopi dari Masa Ke Masa, Penikmat Kopi Perlu Tahu Hal Ini

NGONOO.com – Gara-gara ngomongin kopi, jadi pengen ngoprek masalah kopi. Kita flashback kejaman dulu yuk, biar kita tahu perkembangan kopi dari jaman ke jaman. Jadi gini, Emm… Pada jaman dulu tepatnya pada abad ke-9 kopi hanya ada di Ethiopia, dimana biji-biji kopi ditanam oleh orang-orang Ethiopia dataran tinggi. Setelah Bangsa Arab mulai meluaskan perdaganganya, biji kopi pun meluas hingga ke daratan Afrika Utara dan disanalah biji kopi ditanam secara masal. Setelah kopi ini tersebar keseluruh daratan Afrika barulah negara-negara di Asia dan Eropa mulai ikut mengembangkan minuman enak ini.

via 7-themes.com
via 7-themes.com

Pada tahun >5 Masehi, kopi sudah dikenal sampai ke pelosok Ethiopia. Pada tahhun 700-1000 M kopi sampai ke Arab sebagai minuman untuk begadang. Penyebaran kopi dimulai saat bersamaan dengan penyebaran Islam, Sumber kopi pertama yakni di Mocha derah Yaman. Beberapa kota di arab yang juga mengembangkan kopi sebagai minuman penambah energi dengan membuka kedai kopi, saat itu pengembangan kopi terpusat di Mekkah dan Madinah. Dan tidak lupa Juga Kiva Han sebuah kota di Turki, kota pertama yang memperkenalkan kopi pada tahun 1453 M.

  • 1616 M Kopi dibawa dari Mocha (Yaman) ke Belanda.
  • 1645 M Kedai kopi pertama dibuka di Venice, Italia.
  • 1650 M Kedai kopi pertama dibuka di negeri Kristen (Christendom) tepatnya di Oxford.
  • 1658 M Belanda membuka kebun pertama di Ceylon (Srilanka)
  • 1668 M Kedai kopi ‘Edward Lloyd’s’ dibuka di London. Dari kedai kopi inilah kemudian Edward membuka perusahaan asuransi paling terkemuka di dunia Lloyd of London Insurance.
  • 1668 M Kopi mulai dikenal di Amerika Utara.
  • 1669 M Kedai kopi dikenalkan di Paris oleh duta besar Turki kepada raja Louis XIV.
  • 1670 M London gandrung kopi. Kedai kopi dibuka di setiap sudut London. Kopi mulai diperkenalkan di Jerman. Di Brasilia, penanaman kopi di mulai. Jenis kopi yang ditanam adalah Coffea Arabica Lind.
  • 1674 M Petisi Perempuan menentang kopi dikeluarkan di London.

Sedangkan di Indonesia sendiri kopi mulai dikenal sejak 1706 M, Seorang warganegara Belanda bernama Zwaardecroon, membawa beberapa benih tanaman dari Mekkah ke Bogor Dan menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda, Kopi yang ditanam di Bogor tadi diteliti oleh Negara Belanda. 1714 M Kopi Jawa hasil penelitian, oleh Belanda diperkenalkan dan ditanam di Jardin des Plantes oleh raja Louis XIV. Jadi Kopi hasil dari tanah Indonesia sudah menyebar keseluruh penjuru dunia.

 

Gambar: Tanaman Kopi via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.