8 Minuman Enak Yang Bisa Meringankan Sakit Kepala (Pusing)

  • Share

NGONOO.com – Apapun itu jenisnya, sakit kepala memanglah tidak enak. Pikiran penat, terlalu lelah, kurang istirahat, makan tak teratur, inilah penyebab yang tidak disadari namun bisa membuat kepala menjadi pusing. Siapa sangka, kalau sakit kepala atau pusing ini bisa di ringankan dengan 8 minuman enak. Nggak perlu takut akan rasanya yang pahit seperti jamu, minuman ini sering kok di jumpai di sekitar kita. Kalau kepala lagi pusing nyut-nyutan karena suatu hal, cobalah untuk membuat atau membeli 8 minuman ini, nggak sulit kok untuk membuatnya. Apalagi sudah ada smartphone, tinggal search in google sudah ketemu.

via Shutterstock
via Shutterstock

Berikut 8 minuman enak yang bisa di coba untuk meringankan sakit kepala :

1. Kopi

Kopi enak via thehindu.com
Kopi enak via thehindu.com

Kenapa kopi? Kopi ternyata bisa membantu Anda dalam menyembuhkan sakit kepala. Sebab kopi memiliki kemampuan untuk meringankan intensitas sakit kepala yang berlebih. Selain itu Anda juga perlu mengetahui bahwa kafein yang ada di dalam kopi biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk obat-obatan sakit kepala seperti aspirin dan midol. Jadi, jika Anda menderita sakit kepala siang ini, tidak ada salahnya jika Anda minum secangkir kopi untuk menghangatkan tubuh dan meredakan sakit kepala anda.

2. Peppermint

Peppermint via freshesttea.com
Peppermint via freshesttea.com

Peppermint baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita sakit kepala dan migrain secara terus-menerus. Peppermint memiliki 2 manfaat yaitu secara internal maupun eksternal. Secara internal, aroma peppermint membantu untuk mengontrol aliran darah dalam tubuh sehingga memberikan efek menenangkan. Sedangkan jika dikonsumsi, teh peppermint dapat menurunkan stres dan efektif dalam mengobati sinus.

3. Air Dingin

Minuman enak via pratanacoffeetalk.com
Minuman enak via pratanacoffeetalk.com

Tahukah Anda bahwa dehidrasi seringkali menjadi penyebab sakit kepala? Oleh karena itu tak ada salahnya jika Anda memperbanyak konsumsi air mineral. Selain itu minum segelas air dingin saat sakit kepala efektif untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membantu mengurangi sakit kepala.

4. Teh jahe

Teh Jahe via liputan6.com
Teh Jahe via liputan6.com

Teh yang dicampur dengan jahe telah berabad-abad digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati sakit kepala. Alhasil, teh jahe dapat mengurangi rasa nyeri sakit kepala dan mengontrol rasa ingin mual.

5. Wedang Jahe

Wedang Jahe via oncordesign.deviantart.com
Wedang Jahe via oncordesign.deviantart.com

Jahe merupakan minuman hangat yang biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jahe juga dapat menjadi minuman penenang dan penghangat tubuh di saat anda merasakan sakit kepala.

6. Teh Basil

Teh Basil via jurnalsekar.blogspot.com
Teh Basil via jurnalsekar.blogspot.com

Teh Basil memang banyak digunakan sebagai bumbu dalam masakan Italia. Namun ternyata minum teh yang dicampur dengan basil kering membantu untuk meredakan sakit kepala. Sebab basil memiliki efek menenangkan dan bersifat analgesik sehingga efektif untuk mengobati sakit kepala.

7. Teh Hijau

Teh Hijau via wartakesehatan.com
Teh Hijau via wartakesehatan.com

Teh hijau terkenal sebagai minuman yang sangat tinggi akan manfaat sehatnya. Salah satunya adalah dapat mengobati sakit kepala. Sebab kandungan antioksidan dalam teh hijau akan merangsang sistem saraf dan mengaktifkan otak untuk mengurangi stres penyebab sakit kepala. Kandungan kafein di dalamnya juga dapat memerangi rasa sakit kepala

8. Teh Hitam

Teh hitam via blesstea.net
Teh hitam via blesstea.net

Kandungan kafein yang ada pada teh hitam dapat mengurangi rasa sakit lebih baik daripada obat penghilang rasa sakit. Anda bisa mencoba untuk mencampur teh hitam dengan lemon sebagai obat efektif untuk meredakan sakit kepala.

Itulah beberapa ramuan yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit kepala. Jadi, daripada minum obat-obatan kimia tentu saja akan lebih baik jika Anda minum ramuan alami yang telah disebutkan diatas.

 

Gambar : Minuman enak via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.