Diem-diem Ericsson Punya Saingan Balon Internetnya Google

NGONOO.com – Belum lama ini Google berencana untuk meluncurkan Project Loon, berupa balon internet untuk diujikan di Indonesia pada tahun 2016 mendatang. Agar nantinya penduduk wilayah terpencil juga bisa merasakan akses internet yang sama dengan penduduk di wilayah-wilayah yang terjangkau internet.

Nah ternyata ga cuma Google yang punya balon internet gaes. Ericsson pun mengaku punya alat dan teknologi yang mirip dengan balon Internet punyanya Google. Alat dan teknologi tersebut masuk dalam proyek pintar yang disebut Ericsson Zero Site. Bedanya Zero Site tidak berbentuk balon seperti punya Google. Dikutip dari CNN Indonesia, Presiden Direktur Ericsson Indonesia Thomas Jul mengatakan proyek ini sudah sampai tahap uji coba di Indonesia.

zero site
Zero Site

Zero Site sendiri merupakan model solusi bandwidth dari Ericsson yang menumpang di BTS operator yang sudah ada. Menggunakan sinar LED, Zero Site ditujukan untuk daerah pelosok yang masih minim listrik, bahkan katanya proyek Zero Site ini dirancang mampu beroperasi tanpa daya listrik lho gaes.

Seperti Google dengan balonnya yang bekerjasama dengan beberapa operator seluler, Ericsson mengaku juga bekerjasama dengan operator yang enggan ia sebutkan namanya. Zero Site melakukan uji coba di frekuensi seluler 900 MHz.

“Sejauh ini mereka masih dalam tahap kerjasama uji coba. Yang namanya teknologi baru, trial itu penting sifatnya,” ungkapThomas.

Ericsson sebagai perusahaan infrastuktur jaringan kini melihat Google sebagai salah satu pesaing mereka. Mereka mengaku akan terus memantau sepak terjang balon penyebar Internet itu di Indonesia nanti.

“Kami akan terus ikuti perkembangannya saja, selebihnya kami tak bisa memberi tanggapan lain mengingat Google merupakan kompetitor kami,” jelas Thomas.

gambar Ericsson via 360b / Shutterstock.com

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.