Foto Selfie pun Kini Bisa dalam Format 3D

  • Share

NGONOO.com – Tren foto selfie yang muncul saat ini ternyata ga hanya digandrungi oleh publik, namun juga dimanfaatkan oleh sebuat perusahaan peranti lunak asal Swiss, Dacuda. Perusahaan tersebut memanfaatkan tren selfie dan akan mengembangkannya ke dalam bentuk tiga dimensi (3D) gaes.

Dacuda memperkenalkan aplikasi buatannya, 3DSelfie yang menggunakan teknologi pemindai 3D mutakhir dan algoritma canggih yang bisa dinikmati di tiap ponsel pintar. Algoritma yang digunakan sama seperti yang biasa diterapkan di perangkat robot untuk mengenali objek.

3dselfie
3DSelfie

Sang pendiri, Erik Fonseca mengungkapkan bahwa 3DSelfie menghubungkan pemindai 3D dengan teknologi pencetak 3D. Ia menilai kombinasi scanning-printing mampu mengubah pengalaman digital menjadi sesuatu yang lebih nyata.

“Jika orang-orang bisa menangkap gambar apapun di sekitar mereka dan membagikannya, maka konsep teknologi ini seperti mimpi jadi kenyataan,” ucapnya.

Pada intinya, daripada hanya menggantung foto kamu di dinding atau cuma disimpen di handphone, nantinya para pengguna bisa mencetaknya alias bikin patung sendiri gaes.

“Kini banyak orang yang ingin berbagi kenangan, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, atau masa-masa kehamilan. Selain bisa mengabadikan lewat foto, Anda bisa membuatnya jadi wujud nyata,” tambah Fonseca.

Fonseca juga menjelaskan, konsep di balik 3DSelfie adalah demokratisasi teknologi. Aplikasi anyar ini memungkinkan akses secara universal ke sistem teknologi secara bebas tanpa ‘beban’ tambahan seperti perangkat keras, atau keahlian khusus, dan juga biaya pastinya.

Aplikasi 3DSelfie ini masih berkonsep beta dan akan dirilis secara publik pada akhir 2015 nanti. Selain 3DSelfie, Dacuda juga sedang mengembangkan aplikasi pemindai makanan yang bernama 3DAround. Tak hanya itu, perusahaan juga sedang menyiapkan pemindai 3D dalam platform augmented reality dan virtual reality.

via CNN

gambar mbak-mbak selfie via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.