Walah, Ternyata Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone Berikut Ini Cuma Sekedar Mitos

  • Share

NGONOO.com – Semua pasti setuju dong kalau baterai merupakan nyawa dari sebuah smartphone. Soalnya, tanpa adanya baterai atau saat daya baterai sudah habis, maka smartphone tersebut akan menjadi tidak berguna dan gak bisa dipakai buat ngapa-ngapain lagi.

Oh iya, ngomongin soal baterai smartphone, kalian udah tau kan kalau saat ini ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone. Tapi, kalian udah tau belum kalau gak semua tips tersebut benar? Bahkan, ada beberapa tips yang sama sekali gak benar alias cuma mitos belaka.

Kalian mau tau tips-tips apa saja yang ternyata hanya sekedar mitos? Kalau iya, ini kami kasih informasi lebih lengkapnya gais.

1. Isi ulang baterai saat dayanya sudah benar-benar habis

Baterai Habis via Shutterstock
Baterai Habis via Shutterstock

Mungkin banyak dari kalian yang masih melakukan tips atau langkah ini. Tapi, nyatanya langkah ini cuma mitos aja loh gais. Malahan, kalau kalian selalu menghabiskan daya baterai sampai 0% sebelum di-charge, hal itu akan membuat tingkat efektivitas baterai menurun secara bertahap. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya baterai juga akan menjadi semakin lama.

2. Smartphone yang baru dibeli baterainya harus diisi sampai penuh terlebih dahulu sebelum dinyalakan untuk pertama kalinya

Langkah ini tentunya masih banyak dilakukan sampai sekarang. Bahkan, langkah ini terkadang juga dianjurkan oleh para penjual smartphone. Tapi, nyatanya langkah ini cuma buang-buang waktu aja gais. Baterai smartphone jaman sekarang sebenarnya udah lebih canggih dan udah bisa mengkalibrasi secara otomatis gitu. Jadi, kalau kalian beli smartphone baru gak usah capek-capek nunggu sampai baterainya terisi 100%, kecuali kalau kalian punya waktu luang.

3. Saat baterai sudah terisi sampai 100% maka chargernya harus segera dicabut

Baterai Penuh via Shutterstock
Baterai Penuh via Shutterstock

Inget gais, baterai smartphone jaman sekarang udah lebih canggih dari baterai jaman dulu. Saat kalian melakukan overcharging atau mengisi ulang baterai terlalu lama, maka kalian gak perlu harus terburu-buru mencabut charger-nya. Soalnya, baterai smartphone jaman sekarang dirancang agar bisa menghentikan proses pengisian saat sudah terisi penuh 100%.

4. Mengembalikan kemampuan baterai seperti semula dengan cara menyimpannya di kulkas

Hmm, langkah ini mungkin terdengar aneh. Tapi, ada anggapan bahwa menyimpan baterai di dalam kulkas bisa mengembalikan kemampuan baterai seperti semula. Padahal nih gais, baterai smartphone kan dirancang agar selalu disimpan atau digunakan pada suhu yang normal, bukan malah disimpan di kulkas yang suhunya sangat dingin gitu.

via BGR 

Gambar : Baterai Smartphone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.