Arsip  

Makanan-Makanan yang Dipercaya Bawa Keberuntungan di Tahun Baru

NGONOO.com – Di negara kita perayaan tahun baru selalu identik dengan kumpul-kumpul bersama teman/keluarga sambil bakar-bakar jagung maupun ayam. Walaupun bukan makanan khas yang memiliki makna tertentu, tapi secara ga langsung jagung jadi makanan yang hampir selalu ada si saat malam pergantian tahun.

Nah berbeda dengan negara-negara lain di luar sana gaes, mereka memiliki makanan-makanan khas yang memang disantap atau disediakan saat malam pergantian tahun. Tak hanya sekedar sajian, makanan-makanan tersebut ternyata juga dipercaya bisa membawa keberuntungan jika dimakan pada tahun baru.

Nah buat bro n sest yang tahun 2015 kemaren ngerasa kurang beruntung belum dapet jodoh, kamu bisa nyobain makanan-makanan berikut ini, siapa tau taun 2016 nanti kamu bisa beruntung ketemu jodoh. :”) Mau tau apa aja makanan-makanannya, yuk langsung aja cekidot!

1. Anggur

shutterstock_268741463
Anggur via Shutterstock

Bagi warga masyarakat di Spanyol, Portugal dan Meksiko buah anggur memainkan peranan penting terutama saat pergantian tahun seperti saat ini. Masyarakat di negara-negara tersebut akan memakan 12 butir anggur pada tengah malam atau disebut Old Night (nochevieja) untuk menyambut pergantian tahun.

2. Mie

shutterstock_79442989
mie enak via Shutterstock

Selama ini mie memang identik dengan sajian dari negara-negara di Asia seperti Cina dan Jepang. Semakin panjang mie maka semakin baik, karena disimbolkan sebagai keberuntungan dan umur panjang dalam tradisi perayaan tahun baru di China, perayaan tradisional yang dirayakan pada bulan Februari. Di Jepang, mi soba (buckwheat) adalah menu pilihan dalam perayaan malam tahun baru karena mie ini mudah dipotong dan disimbolkan sebagai melepaskan kenangan keburukkan yang telah terjadi pada tahun sebelumnya.

3. Buah Delima

shutterstock_295579625
Buah Delima via Shutterstock

Buah delima merupakan simbol dari kehidupan dan kesuburan di beberapa kebudayaan kuno. Tapi Yunani memiliki sebuah ritual spesial untuk merayakan akhir tahun, yakni dengan memukul buah ini di lantai ketika jam menunjukkan pukul tepat tengah malam, dan membiarkan biji-biji merah ini keluar dari tempatnya. Semakin banyak biji, semakin banyak keberuntungan dan kesuburan yang akan datang.

4. Oliebollen

shutterstock_332410799
Oliebollen via Shutterstock

Warga Belanda biasa menyambut datangnya tahun baru dengan hal-hal manis. Karena itulah mereka menyantap oliebollen. Kue goreng yang masih satu keluarga dengan donat ini merupakan makanan tradisional Belanda. Oliebollen biasa disajikan pada malam tahun baru. Adonan oliebollen biasanya dicampur dengan apel yang dipotong dadu, kismis, atau manisan kulit jeruk.

5. Tteok-guk

rice+cake+soup
Tteok-guk via sweetandtastytv

Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-guk. Tteok-guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis. Tteok-guk juga dimakan untuk ulang tahun. Setelah Tteok-guk disantap sampai habis barulah seseorang dianggap resmi bertambah usia.

6. Sayuran hijau

shutterstock_302210018
mbak-mbak maem sayuran via Shutterstock

Saat tahun baru, warga Amerika Serikat memiliki sajian khas yang melibatkan sayuran hijau. Warga negeri Paman Sam biasa menyantap makanan dari sayuran berdaun hijau yang warnanya mirip dengan lembaran uang kertas, biar lancar rejekinya.

7. Ikan herring

shutterstock_86083456
sajian ikan herring via Shutterstock

Olahan ikan herring juga wajib muncul saat perayaan tahun baru, tepatnya di Polandia. Ikan ini memiliki warna sisik keperakan yang mengingatkan pada uang logam perak, melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun baru. Ikan herring yang melimpah di Eropa Barat juga menandakan harapan untuk tahun baru dengan rezeki yang melimpah ruah.

gambar makanan tahun baru via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.