Mobil-Mobil Klasik: Sebelum dan Sesudah Restorasi

  • Share

NGONOO.com  – Bagi para penghobi mobil jadul alias klasik pastinya udah gak asing lagi dengan istilah yang satu ini, yap, restorasi. Menurut kamus bahasa Indonesia, restorasi bisa diartikan sebagai pengembalian atau pemulihan kepada keadaan semula. Jadi, istilah restorasi dalam dunia mobil bisa diartikan sebagai pengembalian atau pemulihan mobil dari yang kondisinya sudah tidak bagus menjadi bagus lagi seperti keadaan semula sesuai dengan spesifikasi awal pabrikan.

Restorasi mobil sendiri saat ini sudah mulai marak loh gais. Hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya mobil klasik yang wara-wiri di jalan raya, bahkan klub-klub khusus mobil klasik juga semakin banyak aja, begitupula dengan semakin menjamurnya bengkel khusus restorasi mobil klasik, serta event-event mobil klasik yang semakin rutin diadakan.

Trend mobil klasik yang saat ini semakin marak mau tidak mau membuat sebagian orang yang dulunya gak suka sama mobil klasik menjadi kepincut sama mobil klasik, dan mungkin hal tersebut juga melanda kalian gais. Nah, kalau ada dari kalian yang ingin merestorasi mobil, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips yang bisa kalian praktekkan agar nantinya hasil restorasi bisa maksimal.

1. Cari Mobil Bekas yang Kondisinya Masih Bagus

Mobil-Mobil Klasik via centralhotelcheltenham
Mobil-Mobil Klasik via centralhotelcheltenham

Kalau kalian kepingin melakukan restorasi mobil, maka tentu aja kalian harus punya mobil yang mau direstorasi terlebih dahulu. Mengingat mobil yang direstorasi biasanya sudah berumur tua, usahakan agar kalian mencari mobil bekas yang kondisinya masih bagus. Sebisa mungkin cari mobil yang rangka dan bodinya masih utuh dan gak banyak karatnya. Selain itu, jangan lupa periksa kondisi mesinnya gais. Kondisi mobil yang masih tergolong bagus akan mempersingkat waktu pengerjaan dan bisa mengurangi biaya. Kalau kalian punya temen yang mengerti soal mobil juga bisa dimanfaatkan. Coba aja ajak dia untuk melihat kondisi mobil yang sedang kalian incar. Setelah itu jangan lupa traktir dia makan, itung-itung komisi buat dia gais.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya di Internet

Blog Mobil Klasik via wilsonauto
Blog Mobil Klasik via wilsonauto

Berhubung saat ini semua hal bisa ditemukan di internet, maka kalian juga harus memanfaatkan internet gais. Kalau kalian sudah mendapatkan mobil yang kalian cari, maka kalian bisa mempelajari detail dari mobil tersebut melalui internet. Sekarang kan udah banyak tuh forum-forum yang membahas mengenai mobil, jadi ya kalian bisa belajar dan mencari informasi dari forum-forum tersebut, termasuk tips dalam merestorasi mobil. Oh iya, yang paling penting adalah kalian harus mencari buku pedoman standar mobil tersebut. Soalnya buku itu akan menjadi patokan dalam kalian melakukan restorasi. Coba aja cari softcopy buku pedoman tersebut di internet gais.

3. Cari Bengkel yang Bagus

Bengkel Mobil Klasik via remise.de
Bengkel Mobil Klasik via remise.de

Inget gais, gak semua bengkel mobil bisa melakukan restorasi. Oleh karena itu, kalian harus mencari informasi terlebih dahulu terkait bengkel mana yang akan kalian percayakan untuk melakukan restorasi mobil. Kalian bisa mencarinya dengan cara searching di internet, atau kalau gak ya coba aja kalian melakukan pendekatan sama pemilik mobil klasik. Coba diajak kenalan dulu, terus ngobrol soal mobil klasik, dan baru deh ditanya bengkel yang bisa melakukan restorasi. Biasanya sesama hobiis gak akan pelit untuk berbagi informasi gais. Kalau udah nemu bengkel yang dirasa oke, jangan lupa untuk mengutarakan keinginan kalian terhadap mobil yang akan direstorasi. Pokoknya selalu jalin komunikasi yang baik dengan pihak bengkel agar mereka bisa menangkap apa yang kalian inginkan dan bisa mewujudkan mobil sesuai dengan yang ada di bayangan kalian.

4. Bergabung dengan Komunitas

Komunitas Mobil Klasik via santacruzlife
Komunitas Mobil Klasik via santacruzlife

Bergabung dengan komunitas adalah hal yang bisa dibilang wajib untuk dilakukan. Kenapa? Karena selain akan menambah teman, kalian juga bisa saling bertukar informasi mengenai seluk-beluk mobil klasik, baik itu mengenai cara perawatannya maupun tempat dimana kalian bisa mendapatkan barang/aksesoris/onderdil yang dibutuhkan oleh mobil kalian. Saat ini komunitas mobil klasik udah banyak kok gais, baik itu komunitas mobil klasik secara umum atau komunitas mobil klasik dari merek tertentu. Kalau ingin mengetahui lebih mendalam mengenai mobil klasik kalian coba aja ikutan komunitas mobil klasik yang sesuai dengan merek mobil kalian. Tapi, alangkah baiknya jika kalian juga ikut komunitas mobil klasik umum dari berbagai merek, biar wawasannya makin banyak gitu gais.

5. Dedikasikan Waktu, Tenaga, Pikiran, dan Uang

Uang dan Mobil via rookiegarage
Uang dan Mobil via rookiegarage

Ada kalanya dalam merestorasi mobil klasik tidak akan berjalan mulus seperti yang kalian kira. Inget gais, pada dasarnya mobil klasik adalah mobil yang sudah berumur tua, kondisi rangka, bodi, cat, mesin, dan bagian-bagian lainnya sudah tentu tidak sebagus seperti saat masih baru dulu. Nah, untuk mengembalikan mobil yang kondisinya sudah tidak bagus tersebut dibutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan uang yang gak sedikit. Soalnya, semua bagian harus diperiksa kondisinya, dan hal itu tentu membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, untuk mendapatkan aksesoris atau onderdil yang asli pabrikan atau yang after market tapi berkualitas juga gampang-gampang susah. Di sinilah proses yang biasanya memakan waktu yang lama. Oh iya, jangan lupa soal biaya loh gais. Sebaiknya masalah biaya diomongkan terlebih dahulu dengan pihak bengkel, agar pihak bengkel bisa mengkalkulasikan biaya yang dibutuhkan untuk merestorasi mobil klasik kalian. Intinya, merestorasi mobil klasik dibutuhkan yang namanya kesabaran.

Ini gais kami kasih contoh mobil-mobil yang sebelum dan sesudah direstorasi, biar bisa jadi penyemangat buat kalian dalam merestorasi mobil.

Mobil Restorasi via parderby
Mobil Restorasi via parderby
Mobil Restorasi via streetlegaltv
Mobil Restorasi via streetlegaltv
Mobil Restorasi via carepackdigital
Mobil Restorasi via carepackdigital
Mobil Restorasi via closeupexpress
Mobil Restorasi via closeupexpress
Mobil Restorasi via Pinterest
Mobil Restorasi via Pinterest
Mobil Restorasi via kevinkayrestorations
Mobil Restorasi via kevinkayrestorations
Mobil Restorasi via wowdiff
Mobil Restorasi via wowdiff
Mobil Restorasi via getgoingauto
Mobil Restorasi via getgoingauto
Mobil Restorasi via Wikipedia
Mobil Restorasi via Wikipedia
Mobil Restorasi via nwautos
Mobil Restorasi via nwautos
Mobil Restorasi via vintageimportparts
Mobil Restorasi via vintageimportparts
Mobil Restorasi via Reddit
Mobil Restorasi via Reddit
Mobil Restorasi via Angelfire
Mobil Restorasi via Angelfire
Mobil Restorasi via japanesenostalgiccar
Mobil Restorasi via japanesenostalgiccar

Itu dia beberapa tips yang bisa kalian praktekkan kalau kalian mau merestorasi mobil. Semoga bermanfaat ya gais. Kalau kalian mau menambahkan tips yang lainnya juga boleh loh. Monggo ditulis aja di kolom komentar yang udah disediakan.

Gambar : Cowok Lagi Merestorasi Mobil via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.