28 December 2015

Wow Keren! Lukisan Cahaya ini Dibuat Pake Drone

NGONOO.com – Saat ini teknologi  drone ga cuma bisa digunakan untuk mengambil gambar dari ketinggian maupun mengantar barang aja. Ternyata drone pun bisa juga digunakan untuk menciptakan sebuah karya seni yang menakjubkan lho gaes, yaitu lukisan cahaya atau light painting. Biasanya kalo lukisan cahaya atau light painting dilakukan di darat, berhubung  pake drone maka lukisan cahayanya jadi di langit. Wiih pasti keren banget ya gaes. Karya light painting yang menggabungkan seni dengan kemajuan teknologi drone ini diciptakan oleh Sebuah perusahaan teknologi asal Jerman, Ascending Technologies. Mereka menggunakan drone seri AscTec Falcon 8 sebagai ‘kuas’ dan langit menjadi ‘kanvas’ nya untuk menghasilkan lukisan-lukisan bertemakan natal beberapa waktu yang lalu.

light painting3

Hasil karya light painting pake drone

Drone seri AscTec Falcon 8 buatan mereka dilengkapi dengan lampu LED berbagai warna yang dikendalikan dengan AscTec Navigator flight planning software. Perpaduan tersebut memungkinkan untuk menerbangkan drone di lintasan yang sedemikian kompleks menggunakan titik-titik arah (waypoint) yang ditentukan sebelumnya. Dan untuk menyelesaikan satu lukisan mereka membutuhakn waktu kurang lebih 10 menit.

light painting1

proses pembuatan light painting pake drone

light painting2

waypoints sebagai pola gambar light painting

Nah kalo bro n sest tertarik atau penasaran sama proses pembuatannya, Ascending Technologies ga pelit berbagi ilmu kok gaes, mereka menunggah video singkat yang menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui, supaya bisa menciptakan lukisan cahaya di angkasa.

light painting4

Light painting Santa Clause ini dibuat dengan 391 waypoints dan 10 menit penerbangan drone

light painting5

Nah kalo light painting kado natal ini dibuat dengan 68 waypoints dan 5 menit penerbangan drone

‘Penasaran kaya apa proses pembuatannya sehingga bisa menghasilkan lukisan cahaya yang kece badai kaya gitu? Langsung deh intip videonya berikut ini.

via petapixel

gambar mas-mas mainan drone via Shutterstock

Share

Noviana Ayu

S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *