8 Perbedaan Smartphone High End dan Low End

NGONOO.com – Hae gaes, mungkin kalau kita disuru milih smartphone idaman yang sesuai budget, kita akan langsung tau mana pilihan yang bagus. Apalagi buat yang berkantung tebal, pasti untuk menentukan pilihannya tidaklah sulit, pilihan merek ternama mungkin menjadi pilihan utama. Tapi kalau ngomongin fungsinya smartphone low end dan smartphone high end punya fungsi yang gak berbeda jauh lho.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa yang membedakan smartphone high end dan smartphone low end? Kita akan cari tau jawabanya di tulisan ini.

Teknologi smartphone yang sekarang ini semakin berkembang, membuat fitur low end semakin mumpuni. Coba kita menelisik 3 tahun kebelakang, smartphone android low end mungkin cuma punya RAM 512MB dengan prosesor 1GHz. Namun, sekarang ini kita bisa menikmati fitur yang lebih baik dengan harga yang sama, seperti RAM yang lebih besar dan teknologi 4G LTE yang sudah tersemat pada smartphone low end.

Selain fitur dan merek, banyak juga faktor lain yang membedakan smartphone low end dan smartphone high end. Berikut 8 Perbedaan smartphone low end dan high end

1. Desain yang Kokoh dan Premium

Desain yang Kokoh
iPhone 6S via imore.com

Hal pertama saat kita menilai sebuah smartphone adalah dari segi desainnya, bener gak? (kalau aku sih iya). Biasanya dari segi desainnya kita akan tahu itu smartphone low end apa high end. Namun, untuk lebih memastikannya kita bisa memegang smartphone tersebut, desain yang kokoh biasanya selalu tersemat pada smartphone premium kelas high end.

Smartphone high end biasanya dibalut dengan bahan khusus, seperti logam dan sejenisnya. Jadi jangan heran kalau smartphone high end lebih sering menjadi bahan percobaan seperti dijatuhkan dari ketinggian atau bahkan di lindas oleh ban mobil.

2. Layar dengan Resolusi Tinggi

via situshape.net

Resolusi layar juga menjadi faktor yang membedakan apakah smartphone ini low end atau high end. Sekarang ini hampir semua smartphone high end, punya resolusi layar Quad HD.

3. Chipset yang Digunakan

via androidauthority.com

Chipset adalah unsur utama yang mempengaruhi kinerja pada smartphone. Apple, Samsung dan LG selalu menjadikan produk mereka terlihat segar dengan dapur pacu yang dibawanya. Biasanya uji Benchmark menjadi patokan untuk ngetes seberapa hebat kemampuan dapur pacunya.

4. Teknologi Tambahan

via idownloadblog.com

Ada beberapa sentuhan teknologi yang ditambahkan pada smartphone high end dan jarang sekali ditemukan pada smartphone low end. Seperti iPhone 6S dan 6S Plus yang dibedakan dengan 3D Touch-nya, Samsung Galaxy Note 5 dengan S Pen Stylus dan bahkan teknologi keyboard dengan sentuhan paling sensitif.

5. Gak Ada Gangguan Pas Buat Main Game

via indogamers.com

Pada smartphone low end biasanya tersedia frame sebesar 15 FPS, ini yang membuat kita biasanya menahan diri untuk memainkan game gede pada smartphone low end. Tapi tidak pada smartphone high end yang kebanyakan sudah dilengkapi frame sebesar 30 FPS, bisa buat ngegame apa aja.

6. Kamera yang Lebih Oke

via indogamers.com

Sekali lagi, kamera adalah faktor penunjang yang sangat membedakan mana smartphone low end dan mana yang high end. Smartphone dengan pixel kamera yang lebih besar tidak cenderung lebih unggul, tapi sensor kamera yang lebih besar dan teknologi pendukung lainnya yang bisa menghasilkan foto kualitas terbaik itulah pemenangnya.

7. Kinerja Software yang Digunakan

Nexus 6P via theverge.com

Kenyamanan saat menggunakan smartphone bisa kita lihat saat melihat keduanya, high end dan low end. Perangkat High end jauh lebih unggul dengan membawa tampilan yang lebih komprehensif, tampilan yang lebih kalem. Dari mode satu tangan, menjalankan berbagai aplikasi side by side multitasking dan banyak lagi. Sementara untuk smartphone low end masih menggunakan fitur dan tampilan yang sama, sedangkan untuk teknolgi tamabahannya hampir gak ada.

8. Harganya? Jangan Ditanya

Ekpsresi kamu kalau tau harga smartphone high end
Ekpsresi kamu kalau tau harga smartphone high end

Selain semua yang sudah disebutkan diatas, harga menjadi patokan mendasar yang membedakan smartphone low end dan smartphone high end. Smartphone high end biasanya punya harga yang mahal, sekarang ini smartphone high end berada dikisaran harga minimal 6 jutaan, sedangkan untuk smartphone low end dikisaran 2 jutaan atau kurang. Sedangkan di Harga 2 jutaan – 6 jutaan biasa dikenal dengan istilah mid end.

Sekarang kamu udah taukan gimana membedakan smartphone high end dan smartphone low end. Yaa pokoknya begitulah.. 😀

Gambar: Lagi megang dua smartphone via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.