Berita  

6 Vendor Smartphone Paling Cepat Laju Pertumbuhannya

NGONOO.com – Sobat ngonoo pada tau gak, ternyata ada beberapa vendor smartphone yang keliatannya garang, namun laju pertumbuhannya sangat lamban. Mungkin sobat ngonoo pada tau, tapi kurang sadar, begitupun denganku, aku juga baru sadar kalau ternyata ada beberapa vendor smartphone yang laju pertumbuhannya bisa dibilang sangat baik dan cepat.

Vendor smartphone apa yang menurut klen laju pertumbuhannya sangat pesat dan cepat? Samsung, Apple, Lenovo, Xiaomi atau Huawei? Kalau ada yang menjawab satu diantara 5 vendor yang telah disebutkan tadi, berati kamu kurang tepat. Tidak satupun dari mereka yang punya laju pertumbuhan lebih dari 30 persen setiap tahunnya.

Beberapa brand smartphone diatas memang terbesar, namun bukan yang terbaik dari segi pertumbuhannya. Sebab ada 6 brand yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yang punya laju pertumbuhan lebih dari 100 persen. Brand apa saja itu? yuk nyimak

1. MEIZU

via gyaanbits.com
via gyaanbits.com

Meizu punya markas di Zhuhai, Guangdong, Tiongkok yang didirikan sejak tahun 2003 silam. Meizu memang punya langkah menarik untuk memasarkan produknya. Tahun 2015 adalah masa dimana Meizu mendapat tempat dihati pecinta ponsel pintar di beberapa negara Asia. Melesat dengan produk barunya pertengahan tahun 2015 lalu, Meizu memperkenalkan Meizu M1 Note dan Meizu M2 Note.

Selang beberapa bulan, Meizu kembali menghadirkan produk unggulannya yang merupakan maskot penutupan tahun 2015 yakni dengan memperkenalkan Meizu MX5 yang dibekali kamera utama 20,7 MP dengan prosesor Mediatek Helio 10 UI Flyme OS.

Laju Pertumbuhannya mencapai 300 % dengan jumlah total produk yang dikeluarkan sebanyak 16 seri.

2. LAVA

Lava Iris X10
via fonearena.com

Lava punya markas di New Delhi, India yang berdiri sejak tahun 2009. Lava masuk dalam daftar 5 brand smartphone terpercaya versi IDC India. Kalau kita lirik Lava memang masih asing ditelinga orang-orang di tanah air, sebab mereka hanya menguasai pasar di lokal India saja.

Lava termasuk produsen paling produktif, terbukti sejak tahun 2015 saja Lava sudah mengeluarkan 25 seri smartphone android. Lava juga punya smartphone flagship andalanya yakni seri Iris X10 yang hadir dengan kamera utama 13 MP dan RAM 3 GB.

Laju pertumbuhannya mencapai 214% dengan jumlah total produk sebanyak 54 seri.

3. VIVO

Vivo XShot
via techrumblr.com

Vivo mungkin sekarang sudah tak asing ditelinga kita, pasalnya sudah banyak toko yang menjual berbagai seri Vivo di Indonesia. Vivo bermarkas di Dongguan, Guangdong, Tiongkok, didirikan sejak tahun 2009.

Vivo juga punya smartphone flagship andalan yakni seri XShot yang memiliki resolusi kamera 13 MP dan merilis smartphone tertipis di dunia waktu itu dengan seri X3S. Senyap bunyinya, tak segagah Xiaomi dan Oppo, namun penjualannya berkembang pesat hingga 136% dengan total produk 22 seri.

4. ASUS

Asus Zenfone 2
via gadgets.ndtv.com

Asus bermarkas di Taipei, Taiwan yang berdiri sejak tahun 1989, bisa dibilang the legend nih diantara yang lain. Asus mulai dikenal oleh banyak orang sejak merilis seri Asus Zenfone 4, 5 dan 6 ke publik. Tingkat pertumbuhan penjualan Asus memang bisa diacungi jempol, dengan mengeluarkan 71 seri smartphone pada tahun 2014-2015, Asus berhasil masuk lima besar vendor smartphone yang mengalami pertumbuhan terbaik.

Setelah itu, Asus kembali merilis seri terbarunya yakni Asus Zenfone 2 Laser diikuti Asus Zenfone 2 dan masih banyak lagi varian asus yang diperkenalkan sejak 2015 lalu. Laju pertumbuhan smartphone ini mencapai angka 133% dengan total produk 115 seri.

5. TECNO

Tecno Phantom 5
via citizentv.co.ke

Asing sama vendor yang satu ini? Jelas, nama tecno populer di negara bagian Afrika, smartphone ini bisa dibilang setara dengan brand samsung, hanya saja jangkauan pasarnya berbeda. Tecno punya markas di Ethiopia dan berdiri sejak tahun 2012.

Salah satu produk andalan dari Tecno adalah seri Phantom 5 yang dirilis September 2015. Sudah mendukung jaringan 4G LTE, OS Android Lollipop, dibekali kamera utama 13 MP dan kemera depan 8 MP.

Laju pertumbuhan Tecno mencapi 114% dengan total produk sebanyak 10 seri.

6. OPPO

Oppo R7s
via androidadvices.com

Bermarkas di Dongguan, Guangdong, Tiongkok yang didirikan sejak tahun 2004. Oppo banyak merilis produknya untuk pasar dengan kalangan kelas menengah kebawah, dan terbukti semua produk yang dirilisnya berhasil mendapatkan perhatian pasar, tak terkecuali di Indonesia sendiri.

Oppo punya produk unggulan yakni Oppo R7 series yang punya bodi tipis dengan RAM 3 GB dan kamera utama 13 MP. Laju pertumbuhan mencapai 101% dengan total produk 45 seri.

Sedangkan untuk Big Five smartphone flagship yang rame di Indonesia bisa dibilang laju pertumbuhannya cukup lamban ketimbang 6 vendor yang telah kita bahas diatas.

7. Samsung (21,4%)

8. iPhone (13,9%)

9. Huawei (8,7%)

10. Xiaomi (5,6%)

11. Lenovo (4,7%)

(data: IDC 2015)

Nah, itu tadi 6 vendor smartphone dengan laju pertumbuhan terbaik di dunia, ditambah dengan 5 big five vendor smartphone terbesar.

Salam kangen! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.