ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Aplikasi Android Untuk Para Penulis

Yus Yulianto | Android | 20 Mar, 2017

Kamu penulis, blogger, atau wartawan yang senang menulis dimana saja? Kamu harus coba 5 aplikasi android terbaik untuk para penulis ini. 5 aplikasi android khusus penulis ini bikin kamu tetap produktif menulis dimana saja. Kamu tidak akan pernah lagi terlewatkan ide yang tiba-tiba muncul ketika kamu naik bus, di kereta, atau sedang ngopi diwarung langganan.

Kamu juga tidak perlu repot-repot membawa laptop kemana-mana hanya untuk menulis. Dengan 5 aplikasi android ini, kamu bisa menulis dimana saja menggunakan smartphone ataupun tablet.

 

1. Evernote

evernote

via evernote.com

Evernote adalah salah satu aplikasi terbaik untuk menulis. Kamu bisa menulis artikel blog, diary, paper, tugas kuliah, ataupun jurnal penelitian yang panjang. Selain menulis teks, kamu juga mencatat ide-ide kamu dalam bentuk suara dan coret-coretan (doodle). Evernote tersedia dalam dua versi berlangganan, yaitu basic, plus dan premium.

Evernote memberikan kuota untuk versi basic sebesar 25 MB untuk setiap catatan kamu buat. Sedangkan versi Plus sebesar 50 MB untuk setiap catatan, dan versi premium sebesar 200 MB untuk setiap catatan.

Aplikasi Evernote tersedia untuk Android, iPhone/iPad, Windows, MacOS, dan juga versi web. Jadi kamu bisa menulis di perangkat yang berbeda-beda.

 

2. Simplenote

simplenote

via simplenote.com

Simplenote adalah aplikasi buatan automatic, pengembang dari WordPress. Salah satu kelebihan Simplenote adalah tersedia aplikasi untuk banyak sistem operasi seperti Android, iOS, macOS, Windows, web, sampai dengan Linux.

Simplenote tidak membatasi panjang catatan yang dibuat, kamu bisa menulis catatan sepanjang yang kamu mau. Tapi demi performa terbaik, saya menyarankan untuk memisahkan catatan yang panjang menjadi beberapa bab (bagian). Karena catatan yang terlalu panjang akan membutuhkan waktu yang lama untuk dimuat, baik di aplikasi maupun di web Simplenote.

 

3. Paper

paper

via paper.dropbox.com

Paper adalah aplikasi besutan Dropbox. Ya, Dropbox yang terkenal itu. Paper menawarkan antarmuka yang simpel dan sederhana agar memudahkan kita untuk menulis dan menuangkan ide-ide. Dengan Paper, kita bisa menulis dengan rekan satu tim dalam satu dokumen yang sama secara bersamaan. Istilah kerennya sih real time collaboration. Paper terintegrasi secara penuh dengan Dropbox.

Jadi, jika kita ingin memasukan foto, video, ataupun file lainnya, kamu bisa memasukannya dari file-file yang tersimpan di Dropbox milik kamu.Saat ini aplikasi Paper tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Selain itu, Paper juga bisa diakses melalui web.

 

4. Google Docs

google docs

via docs.google.com

Dari namanya kamu pasti sudah tau kan siapa pembuat aplikasi yang satu ini? Google Docs memungkinkan kamu menulis dokumen dimana saja. Semua dokumen yang kamu tulis di perangkat Android, bisa kamu lanjutkan di komputer. Begitu juga sebaliknya.

Semua dokumen yang kamu tulis menggunakan Google Docs secara otomatis tersimpan di Google Drive. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menekean tombol “SAVE” setiap kali mengubah dokumen.

 

5. JotterPad

jotterpad

via techgyd.com

Menurut pengembangnya, JotterPad sanngat cocok digunakan untuk menulis novel, lirik lagu, puisi, esai,dan artikel. Tampilan JotterPad yang bersih dan sederhana akan membuat kamu fokus untuk menuangkan ide dan pikiran ke dalam bentuk teks.

Tulisan yang kamu tulis menggunakan JotterPad bisa kamu ekspor ke berbagai format seperti .txt, pdf, markdown, dan docx. Oh ya, kamu juga bisa mengintegrasikan JotterPad dengan Dropbox loh.

Itulah 5 aplikasi Android wajib di download kalau kamu adalah seorang penulis. Baik penulis buku, penulis blog, ataupun hanya menulis untuk hobi. Selamat mencoba dan tetaplah produktif menulis.