ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Membuat Installer Linux Dengan Etcher

Ada banyak sekali software yang bisa kamu gunakan untuk membuat installer linux. Saya sudah mencoba banyak software, mulai dari UNetbootin, sampai LinuxLive USB Creator. Namun ketika menggunakan software-software tersebut, saya mengalami satu kendala yang sama. Yaitu masalah performa. Software-software tersebut sering sekali hang, tiba-tiba diam ditengah proses penulisan file ISO ke flashdisk. Ini tentu menyebalkan. Karenanya, saya sering gonta-ganti software untuk urusan yang satu ini. Sampai akhirnya saya menemukan Etcher.

Menurut pengalaman saya, Etcher adalah software terbaik untuk membuat installer linux dengan flashdisk. Walaupuna terbilang software baru, tapi Ethcer punya performa yang cepat. Saya tidak pernah mengalami yang namanya hang, atau tiba-tiba berhenti. Semuanya lancar, dari awal sampai proses akhir.

Kamu yang tertarik untuk menggunakan Etcher bisa mendownloadnya disini. Etcher dikembangkan menggunakan teknologi web seperti html, css, javascript, dan Electron. Karenanya, Etcher tersedia untuk Linux, macOS, dan juga Windows. Saya sudah pernah beberapa kali membuat bootable usb menggunakan Etcher. Etcher bisa digunakan untuk membuat installer banyak distro linux, mulai dari elementary OS, Ubuntu, Arch Linux, bahkan Remix OS.

Kelebihan lain dari Etcher adalah tampilannya yang tidak membingungkan. Etcher akan secara otomatis mendeteksi perangkat flashdisk yang terhubung di laptop. Tanpa perlu memilihnya secara manual. Hal ini bisa mengantisipasi kesalahan pada saat pemilihan media instalasi. Terkadang ada kasus dimana orang malah memilih harddisknya, bukan flashdisk.

Untuk membuat installer linux menggunakan Etcher sangatlah mudah. Buka Etcher, lalu klik “Select Image”. Pilih file ISO linux yang ingin kamu “bakar” ke flashdisk. Seperti yang saya katakan diatas, Etcher akan secara otomatis memilih USB yang tercolok di laptop kamu. Jika ada lebih dari satu flashdisk yang tercolok, kamu bisa menggantinya secara manual. Klik “Flash” untuk memulai proses pembakaran.

Tunggu sampai proses pembakaran selesai dan selamat menginstall linux.