ads

Biar Nggak Nyasar, Ini Cara Menggunakan Google Maps Offline Saat Mudik Lebaran

Yus Yulianto | Android | 20 Jun, 2017

Pembaca setia Ngonoo pasti sebagian sudah ada yang siap-siap untuk mudik bukan? Mengingat hari lebaran hanya tinggal menghitung hari. Kamu yang menggunakan angkutan umum seperti kereta atau bus mungkin bisa sedikit bersantai karena tinggal duduk dan menunggu hingga sampai tujuan.

Namun bagaimana jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Pastinya menjadi “perjuangan” tersendiri, apalagi dengan kondisi jalan yang macet (semakin dekat hari H lebaran, biasanya semakin macet).

Namun, lelahnya perjalanan selama mudik biasanya akan terbayar ketika bertemu dengan sanak saudara yang telah menunggu kita di kampung halaman. Namun, jangan sampai nyasar ya. Supaya tidak nyasar ketika perjalanan mudik install saja aplikasi Google Maps.

Dan alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan fitur offline Google Maps agar tetap bisa digunakan saat kamu berada di daerah yang sulit untuk mendapatkan internet.

Cara menggunakan Google Maps Offline untuk mudik lebaran

Buka Google Maps, lalu dari menu yang ada di samping kiri, pilih “Peta Offline”.

Kemudian kamu akan masuk ke halaman “Peta Offline” seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Tekan tombol “Pilih peta offline anda sendiri”.

Kemudian kamu bisa mulai mendownload peta dengan menempatkan jalur mudik kamu ke dalam kotak. Semua area yang ada di dalam kotak akan bisa digunakan bahkan saat smartphone kamu tidak memiliki koneksi internet.

Pilihlah area yang akan kamu lewati saat mudik. Jangan lupa untuk menyisihkan ruang penyimpanan smartphone android kamu supaya bisa menyimpan peta offline lebih luas. Hapus foto-foto mantan yang sudah bahagia bersama yang lain.

Seperti yang terlihat diatas bahwa Google Maps menampilkan informasi data yang akan di download. Pastikan bahwa paket internet kamu cukup dan stabil. Lalu tunggu sampai proses download selesai.

Sekarang kamu bisa memulai perjalanan mudik dan tidak perlu takut nyasar karena sudah punya Google Maps yang bisa digunakan saat offline.

Semoga selamat sampai tujuan.