3 August 2017

5 Tips Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Google Chrome

Chrome adalah browser favorit banyak orang. Kemapuan Chrome dapat ditingkatkan dengan tersedianya banyak sekali addons yang bisa di download gratis. Dan salah satu yang membuat Chrome sangat populer adalah kecepatannya.

Chrome adalah salah satu browser tercepat saat ini. Namun walaupun begitu, tidak ada salahnya kita melakukan optimasi agar Chrome dapat berjalan lebih cepat lagi. Berikut ini adalah 5 langkah mudah mempercepat Google Chrome.

Hentikan Tab yang Sedang Tidak Digunakan

Semain banyak tab yang kamu buka, maka akan semakin banyak memori yang dibutuhkan oleh Chrome. Nah, jika memori laptop kamu tidak terlalu besar, maka membuka terlalu banyak tab akan dapat berakibat buruk, yaitu melambatnya komputer dan juga Chrome itu sendiri.

Untuk meminimalisir Chrome yang menjadi lambat karena kamu membuka banyak tab, lebbbih baik nonaktifkan saja tab yang sedang tidak kamu buka. Caranya adalah dengan mengaktifkan salah satu flags Chrome yaitu “Automatic tab discarding”.

Untuk mengaktifkannya, pada kolom url, ketik “chrome://flags”. Lalu cari “Automatic tab discarding”.

yus yulianto chrome 1

Gunakan Ekstensi Data Saver

Google mengembangkan sebuah ekstensi yang berguna untuk meminimalisir data yang digunakan untuk mengunjungi website. Dengan begitu, maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka suatu website menjadi lebih cepat.

Untuk mendownload ekstensi Data Saver, buka saja Chrome App Store lalu cari “Data Saver”. Agar tidak salah download, pastikan bahwa ekstensi itu dibuat oleh Google pada kolom profilnya.

yus yulianto chrome 2

Gunakan Pemblokir Iklan

Memang, tidak semua iklan itu buruk. Namun jika ada website yang menampilkan terlalu banyak iklan, itu akan membuatnya menjadi sangat lambat untuk dimuat.

Maka ada baiknya kamu untuk menggunakan ekstensi Ad-Blocker. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk membuka website lebih cepat. Sehingga Chrome juga dapat bekerja lebih cepat.

Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Jika kamu punya kartu grafis yang cukup mumpuni, maka itu bisa membuat Chrome kamu jadi lebih cepat. Caranya adalah dengan mengkatifkan fitur Hardware Acceleration.

Kamu bisa mengaktifkannya di menu Setting. Kemudian pilih Advanced → System. Lalu klik “Use hardware acceleration when available”.

yus yulianto chrome 3

Gunakan Task Manager Untuk Menonaktifkan Proses yang Berjalan

Chrome memiliki task manager sendiri. Dengan ini, kamu bisa mengatur proses yang sedang digunakan oleh Chrome.

Kamu bisa menonaktifkan proses yang tidak kamu inginkan agar Chrome dapat berjalan lebih cepat. Kamu bisa membuka Task Manager dengan panduan tombol “Shift + Esc”.

yus yulianto chrome 4

Itu dia 5 tips mudah untuk mempercepat kinerja Chrome. Mudah bukan? Tidak sampai 10 menit, dijamin Chrome kamu akan berjalan dengan lebih cepat.

Share

Yus Yulianto

Blogger, Content Writer. http://yusyulianto.blogspot.co.id/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *