Gunakan 5 Aplikasi Ini Untuk Transfer Data Dari Android Ke PC

  • Share

Terkadang, ada satu dua dua alasan dimana kamu harus memindahkan data-data dari smartphone ke PC atau laptop. Entah untuk sekedar backup, atau untuk mengeditnya di PC. Apapun tujuannya, tentu kamu harus mentransfer data tersebut dari smartphone ke PC.

Secara garis besar, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk meminahkan data dari smartphone ke PC. Yaitu dengan menggunakan kabel ataupun tanpa kabel. Jika kamu tertarik untuk memindahkan data dari smartphone ke PC tanpa kabel, tentunya kamu memerlukan bantuan 5 aplikasi android dibawah ini.

AirDroid

AirDroid adalah salah satu aplikasi populer yang biasanya digunakan orang untuk memindahkan data dari smartphone mereka ke PC. Atau sebaliknya. Untuk menggunakan AirDroid, kamu harus mendaftar akun terlebih daulu di airdroid.com.

Setelah itu, unduh aplikasinya di Google Play. Kemudian di PC kamu bisa menggunakan aplikasi windows atau melalui web. Untuk dapat mengirim data antar perangkat, pastikan bahwa smartphone dan PC kamu terhubung dalam satu jaringan yang sama.

Sweech

Sweech adalah aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengirim data dari smartphone ke PC tanpa menggunakan kabel. Kamu cukup menghubungkan aplikasi Sweech di smartphone dengan PC, kemudian kamu bisa bebas mengirim data ke PC.

Bukan hanya itu, jika kamu punya smartphone dengan fitur NFC, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengirim file ke smartphone lain. Proses kirim file dengan menggunakan Sweech dapat dikatakan cukup cepat jika dibandingkan menggunakan kabel.

Amaze File Manager

Jika kamu sudah sering mengirim file dari PC ke PC, mungkin kamu sudah sering melakukannya dari file explorer. Namun hal tersebut apakah bisa dilakukan dengan android? Tentu saja bisa.

Sebuah aplikasi bernama Amaze File Manager memungkinkan kamu untuk mengirim data ke PC. Jadi, aplikasi ini sangat serbaguna. Selain untuk mengatur file di perangkat, juga bisa digunakan untuk mengirim data ke PC.

Portal

Portal yang satu ini bukanlah yang sering ditutup ketika jam 12 malam. Melainkan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengirim file dari android ke PC. Portal dikembangkan oleh pengembang yang sama yang mengembangkan Pushbullet.

Jika kamu sudah familiar menggunakan Pushbullet, kamu juga pasti akan menyukai Portal. Berkirim file dari android ke PC jadi lebih mudah. Tanpa kabel. Hanya perlu wifi saja. Omong-omong, logo Portal mirip logo Debian ya.

ShareIt

Sepertinya, untuk aplikasi yang satu ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Kamu pasti sudah mengetahuinya. ShareIt adalah aplikasi yang sangat bagus untuk mengirim file dari smartphone ke PC, ataupun sebaliknya.

Bahkan, ShareIt juga bisa digunakan untuk mengirim file dari smartphone ke smartphone maupun PC ke PC.

MobiKin

Manage Android Di Windows Dan Mac Dengan Mudah
Manage Android Di Windows Dan Mac Dengan Mudah

Aplikasi ini juga nggak kalah dengan aplikasi-aplikasi yang kami listing diatas, Namanya MobiKin, dengan aplikasi ini, kita bisa kontrol dan manage Android Device kita di Perangkat Windows kita. Tersedia versi Trial sebelum kita memutuskan menggunakannya. Selain kita bisa pakai untuk Manage Android di Windows, kita juga dengan mudah Backup data2 di Android kita dengan MobiKin ini. Menariknya lagi MobiKin juga tersedia versi Mac. Jadi bisa dijalankan di Windows maupun Mac.

Kesimpulan

Komputer dan smartphone sudah seperti menjadi kebutuhan pokok bagi kita. Karenanya, kita seringkali mengirim data baik dari smartphone ke PC ataupun sebaliknya.

Gunakanlah 4 aplikasi diatas untuk mempermudah pengiriman data tersebut. Jadi, waktu kamu lebih efisien dan dapat digunakan untuk hal-hal penting lainnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.