Smartphone Android Kamu Harus di Root Atau Tidak? Berikut Ini Pertimbangannya

  • Share

Jika kamu sudah sering membaca tips dan trik android yang ada di NGONOO, pasti kamu pernah beberapa kali menemukan tips android root. Tidak perlu dijelaskan apa itu root pada android, kamu pasti sudah mengetahuinya. Namun pertanyaannya adalah, apakah smartphone kamu perlu di root atau tidak? Berikut ini beberapa pertimbangannya.

Kenapa Harus di root?

Memiliki smartphone yang sudah di root sangatlah menyenangkan. Kamu bisa melakukan tweak CPU agar performa smartphone meningkat. Kamu juga bisa meningkatkan suara speaker melebihi kemampuan maksimalnya.

Dan masih banyak hal keren yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Menggunakan aplikasi-aplikasi khusus root yang tidak bisa digunakan di android yang belum di root. Aplikasi jenis ini biasanya memiliki fungsi-fungsi khusus yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi non-root.
  • Menghapus aplikasi sistem dan bloatware.
  • Membersihkan penyimpanan internal smartphone, yaitu dengan cara kedua diatas. Kamu juga bisa memindahkan aplikasi ke SD Card, jadi penyimpanan internal smartphone tetap ramping.
  • Menggunakan Custom ROM. Jika bosan dengan ROM bawaan yang kamu gunakan, kamu bisa menginstall Custom ROM. Root adalah langkah awal untuk melakukan hal tersebut.
  • Dan masih banyak hal keren lainnya yang bisa kamu lakukan jika smartphone sudah di root.

Kenapa Tidak Perlu di Root?

Jika kamu menggunakan smartphone android flagship, rasanya root sudah tidak diperlukan. Apalagi jika kamu hanya menggunakan android untuk sekedarnya saja, mulai dari membuat dokumen, main sosmed, atau video call dengan pacar.

Smartphone flagship atau smartphone kelas atas lainnya memiliki performa yang sudah sangat baik. Jadi kamu tidak perlu lagi mengoptimalkan kinerjanya dengan cara di root.

Berikut ini beberapa alasan lain kenapa kamu tidak perlu di root:

  • Kehilangan garansi. Ya, benar sekali. Jika smartphone kamu di root, maka kamu akan kehialngan masa garansi dari smartphone tersebut. Jadi jika suatu waktu ada masalah dengan smartphone kesayangan kamu, maka toko tidak akan menerima klaim garansi kamu.
  • Ada kemungkinan mati total. Mendapatkan hak akses root artinya kamu bisa memodifikasi sistem android dengan leluasa. Jika ceroboh dan melakukan kesalahan dalam modifikasi, kamu bisa membahayakan smartphone. Salah satunya dampak terburuknya adalah mati total. Jika kamu masih butuh smartphone tersebut untuk komunikasi, maka jangan main-main dengan file sistem android.

Itu dia pertimbangan apakah kamu harus root atau tidak di root. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa mengambil pilihan apakah smartphone kamu akan di root atau tidak.

Tapi apapun pilihan kamu, masing-masing punya plus dan minus.

Sekian.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.