ASUS Zenfone Max Pro M2

Sering Membuka File PDF? Ini Dia 5 Aplikasi PDF Reader Terbaik Untuk Android

Radityo | Android | 27 Feb, 2019

Dalam dunia perkuliahan atau dunia kerja, sering kali kita diharuskan untuk membuka suatu file dokumen yang memiliki format PDF. Nah, di jaman serba mobile seperti sekarang ini membuka suatu dokumen tidak harus dilakukan menggunakan komputer, tetapi bisa juga dilakukan menggunakan smartphone atau tablet.

Yap, untuk membuka file berformat PDF tentu saja dibutuhkan suatu aplikasi khusus. Di Google Play sendiri sudah ada banyak aplikasi di platform Android yang bisa diandalkan untuk membuka file dokumen berformat PDF, dan kali ini kami akan memberikan daftar 5 aplikasi PDF reader terbaik untuk platform Android.

1. Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi bernama Xodo PDF Reader & Editor ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka file berformat PDF, tetapi juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membubuhi keterangan dan memberi tanda pada dokumen berformat PDF. Tidak hanya itu saja, Xodo PDF Reader & Editor juga bisa membaca file yang harus dibuka dengan program seperti MS Office, MS Excel, dan MS PowerPoint, serta mengubah file dokumen tersebut ke dalam format PDF. Bagaimana, tertarik untuk mengunduhnya? Silakan langsung saja klik link ini untuk mendapatkannya di Google Play.

2. Librera

Librera merupakan aplikasi yang memiliki ukuran kecil sehingga ringan untuk di-install di smartphone atau tablet Android kamu. Selain bisa membaca file berformat PDF, aplikasi Librera juga bisa membaca file berformat lain seperti EPUB, EPUB3, MOBI, DJVU, FB2, FB2.ZIP, TXT, RTF, AZW, AZW3, HTML, ODT, XPS, CBZ, CBR, TIFF, PDB, MHT, dan OPDS Catalgos. Saat kamu membuka file PDF, maka aplikasi ini menawarkan dua mode membaca yakni day dan night, yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pengguna. Nah, bila kamu pengen menggunakan aplikasi ini, monggo langsung saja mengunduhnya di Google Play.

3. Adobe Acrobat Reader

Aplikasi ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Yap, bisa dibilang Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang paling populer. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat komentar dengan cara membubuhkan catatan tempel dan bahkan gambar. Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan dokumen PDF di Cloud Adobe secara gratis atau bisa juga menyimpannya di Dropbox. Bila berminat, kamu bisa mengunduhnya dengan klik link ini.

4. Foxit Mobile PDF

Foxit Mobile PDF merupakan aplikasi pembaca dokumen PDF yang mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat anotasi dan juga melindungi dokumen PDF yang berisi informasi yang sensitif. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah ukurannya yang ringan sehingga tidak akan membebani memori.  Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyimpan, melakukan sinkronisasi, dan mengakses file PDF dari berbagai media penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, dan Foxit Drive. Aplikasi ini meskipun ringan tetapi memiliki fitur yang sangat banyak. Monggo jika ada yang berminat bisa langsung menuju Google Play untuk mengunduhnya.

5. FullReader

Aplikasi bernama FullReader ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka dokumen berformat PDF saja, melainkan juga format dokumen lain seperti fb2, ePub, txt, doc, docx, cbr, cbz, rtf, DjVu, DjV, html, htm, mobi, xps, oxps, odt, rar, zip, 7z, dan bahkan MP3 (audio book). Aplikasi ini memiliki tampilan user interface yang bersahabat sehingga gampang untuk digunakan. Agar ruang penyimpanan di perangkat Android kamu tidak terlalu penuh, aplikasi ini memberikan akses kepada pengguna untuk menyimpan dokumen mereka di Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Hal menarik lainnya yang ditawarkan adalah aplikasi ini memiliki tema yang ringan dan bahkan ada tema bernuansa gelap yang bisa meminimalisir penggunaan daya baterai jika perangkat yang digunakan sudah mengadopsi teknologi layar AMOLED. Jika ada yang berniat mengunduhnya, silakan langsung saja klik link ini.