ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Aplikasi Android dan iOS Terbaik Untuk Memindai Dokumen

Radityo | Android | 06 Mar, 2019

Memasuki era serba mobile seperti sekarang ini membuat banyak hal bisa dilakukan dengan mudah, contohnya adalah memindai dokumen. Jika dulu sebelum adanya smartphone, orang harus menggunakan alat khusus untuk memindai, maka sekarang cukup dengan smartphone orang sudah bisa memindai suatu dokumen.

Tentunya smartphone yang digunakan untuk memindai haruslah memiliki aplikasi khusus. Untuk itu, kali ini kami bakal memberikan rekomendasi aplikasi apa saja yang bisa diandalkan untuk memindai dokumen. Monggo, simak saja daftar di bawah ini.

1. CamScanner

Aplikasi ini termasuk salah satu yang paling populer, hal itu bisa dilihat dari jumlah perangkat yang meng-install aplikasi ini yang mencapai lebih dari 350 juta di lebih dari 200 negara. Penggunaan aplikasi ini juga gampang, kamu hanya tinggal menggunakan kamera smartphone untuk memindai dokumen apapun itu dan menyimpannya atau membaginya dengan orang lain. Apabila kamu menginginkan hasil pemindaian yang lebih bagus lagi maka kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu. CamScanner sendiri tersedia baik untuk perangkat Android maupun iOS.

2. Scanbot

Scanbot merupakan aplikasi pemindai yang juga bisa kamu andalkan. Aplikasi ini tersedia baik untuk Android maupun iOS. Jenis file hasil dari pemindaian adalah PDF dan JPG, dengan kualitas tinggi. Jika sudah dipindai, hasil pemindaian bisa langsung kamu kirim melalui email atau bahkan melalui fax sekalipun. Scanbot juga terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud, baik itu iCloud Drive, Dropbox, Google Drive, dan layanan cloud lainnya. Jangan khawatir mengenai keamanan aplikasi ini, karena kamu bisa memproteksi file yang sudah dipindai dengan password maupun diproteksi menggunakan Touch/FaceID. Apabila kamu tertarik untuk mengunduh aplikasi Scanbot ini silakan langsung saja klik link ini untuk mengunduhnya di perangkat Android dan klik link ini untuk mengunduhnya di perangkat iOS.

3. Evernote Scannable

Evernote Scannable merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk memindai berbagai jenis dokumen. Aplikasi ini mampu menghasilkan file pemindaian dengan kualitas yang bagus. Cara pengoperasiannya juga gampang, cukup arahkan kamera smartphone ke dokumen yang ingin kamu pindai. Hasil pemindaian berupa file berformat PDF maupun JPG, yang bisa langsung kamu bagi ke orang lain baik itu melalui pesan teks maupun email. Asyiknya lagi aplikasi ini tersedia secara gratis, namun hanya untuk perangkat iOS saja.

4. ABBYY FineScanner

Aplikasi ABBYY FineScanner termasuk mudah untuk digunakan, sehingga kamu bisa memindai dokumen tanpa perlu bingung lagi bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Sama seperti aplikasi pemindai lainnya, aplikasi ABBYY FineScanner juga menghasilkan file pemindaian dalam format PDF maupun JPG. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud, baik itu Google Drive, Box, Evernote, Dropbox, Yandex Disk, dan lain sebagainya. Hasil pemindaian juga bisa kamu edit terlebih dahulu, seperti dibubuhi tanda tangan, teks, dan lain sebagainya. ABBYY FineScanner sendiri tersedia secara gratis baik untuk Android maupun iOS.

5. Genius Scan

Aplikasi pemindai dokumen terakhir yang kami rekomendasikan adalah Genius Scan. Aplikasi ini tersedia baik untuk Android maupun iOS. Pengoperasiannya tergolong mudah dan cepat. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Genius Scan adalah smart page detection, perspective correction, dan image enhancement. Hasil dokumen yang sudah kamu pindai bisa langsung disimpan di Box, Dropbox, Evernote, Expensify, Facebook, Google Drive, OneDrive, OneNote, FTP, SugarSync, Twitter, WebDAV, dan aplikasi lainnya. Selain itu, kamu juga bisa langsung mencetak dokumen hasil pemindaian tanpa harus mengkoneksikan perangkat ke printer, cukup langsung mencetaknya melalui AirPrint. Genius Scan bisa kamu unduh di Google Play bila kamu menggunakan perangkat Android dan di unduh di App Store bila kamu menggunakan perangkat iOS.