ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Aplikasi Terbaik Remote Desktop Untuk Android

Radityo | Android | 21 Mar, 2019

Mungkin di antara kita ada yang belum tahu jika komputer bisa dioperasikan menggunakan perangkat Android. Yap, berbekal aplikasi tertentu, maka kita bisa mengkoneksikan antara komputer dan perangkat Android, sehingga komputer tersebut bisa dioperasikan menggunakan perangkat Android.

Nah, jika kamu kepengen mencoba seperti apa mengoperasikan komputer menggunakan perangkat Android, mungkin kamu bisa mengunduh salah satu dari lima aplikasi di bawah ini. Apa saja aplikasi tersebut?

1. Jump Desktop

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan pada saat melakukan pengaturan awal sekalipun. Jump Desktop juga merupakan aplikasi yang aman dan dapat diandalkan. Selain itu, aplikasi ini juga sudah kompatible dengan RDP dan VCN. Kamu bisa mengkonekasikan antara komputer dengan perangkat Android melalui IP Address atau hostname. Asyiknya lagi, aplikasi Jump Desktop ini juga sudah memiliki kemampuan multi-tuouch seperti Pinch-zoom, dua jari untuk scrolling, dan mouse dragging. Jika ingin menginstall aplikasi ini maka kamu bisa mengunduhnya dulu di Google Play.

2. TeamViewer

Aplikasi ini termasuk yang populer karena banyak di-install di banyak perangkat Android di seluruh dunia. TeamViewer mampu mengontrol tidak hanya komputer saja, tetapi juga perangkat mobile lainnya baik itu smartphone maupun tablet. Aplikasi ini didesain dengan performa yang cepat, aman, dan juga mudah digunakan. Selain itu, TeamViewer juga menerapkan tingkat keamanan yang tinggi seperti 256 Bit AES Session Encoding, dan 2048 Bit RSA Key Exchangep. Aplikasi ini juga bisa melakukan transer file atau data dari masing-masing perangkat. Tidak hanya file atau data saja yang bisa dikirim, melainkan aplikasi ini bisa juga mengirim suara dan video HD dengan cepat dan mudah. Silakan menuju Google Pay apabila kamu ingin mengunduh aplikasi TeamViewer ini.

3. Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop juga bisa digunakan untuk mengkoneksikan antara komputer dan perangkat Android milikmu. Aplikasi ini menawarkan keamanan saat kamu sedang mengakses komputer menggunakan perangkat Android. Untuk melakukan pengaturan di komputer, kamu bisa mengakses website chrome web store (https://chrome.google.com/remotedesktop). Atau kamu juga bisa melakukan pengaturan langsung dari perangkat Android. Bila ingin mengunduh aplikasi Chrome Remote Desktop, kamu bisa mengunduhnya langsung di Google Play.

4. NoMachine

Aplikasi yang satu ini juga cukup menarik karena untuk mengkoneksikan antara perangkat Android dengan komputer terbilang mudah. Jika sudah terkoneksi, kamu bisa melakukan banyak hal seperti memainkan semua video termasuk film HD, TV Show, dan koleksi musik yang ada di dalam komputer. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di tempat lain dengan semua file dan semua program yang ada di komputermu. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengirim file baik dari komputer ke perangkat Android atau sebaliknya. Jika kamu ingin memiliki aplikasi NoMachine maka kamu hanya tinggal klik saja link ini untuk mengunduhnya.

5. Splashtop Personal

Aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan sebagai remote desktop adalah Splashtop Personal. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengakses komputer yang berjalan pada OS Windows maupun Mac melalui perangkat Android seperti smartphone atau tablet. Aplikasi ini juga menawarkan keamanan pada saat perangkat komputer dan Android baru terhubung. Selain itu, Splashtop Personal juga memungkinkan kamu untuk mengakses semua program maupun file yang ada di komputer. Bila ada yang ingin menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play.