ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Penyimpanan Cloud Paling Aman Untuk Windows

Radityo | Aplikasi/Games | 15 Mar, 2019

Kamu punya banyak data yang harus disimpan tapi terkendala dengan ruang penyimpanan komputer yang tinggal sedikit? Tidak perlu khawatir, data tersebut masih bisa disimpan di memori penyimpanan eksternal. Namun, apa jadinya jika kamu gak punya memori penyimpanan eksternal?

Tidak perlu bingung, sekarang sudah ada yang namanya penyimpanan di awan alias cloud storage. Penyimpanan menggunakan cloud ini sekarang sudah lazim di lakukan. Selain bisa menghemat ruang penyimpanan di komputer, data yang kamu simpan di cloud bisa juga dibagikan ke orang lain, namun tentunya harus dengan seizin kamu. Nah, bicara mengenai penyimpanan di cloud, ada beberapa media penyimpanan cloud yang sudah ada, dan beberapa di antarnya dikenal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Apa saja penyimpanan cloud yang aman tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. pCloud

pCloud merupakan penyimpanan cloud yang sangat aman. Layanan penyimpanan berbasis cloud ini bakal melindungi semua dokumen yang kamu simpan di dalamnya dengan enkripsi tingkat tinggi. Kamu bisa mengakses semua data yang disimpan di pCloud tidak hanya melalui komputer saja, melainkan bisa juga melalui perangkat mobile dan juga via website. Kapasitas penyimpanan yang disediakan secara gratis termasuk lumayan besar, mencapai 10 GB. Silakan mengunjungi website-nya untuk melakukan registrasi pendaftaran.

2. NextCloud

Penyedia penyimpanan cloud ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan dokumen pribadi yang ada di komputermu saja, tetapi bisa juga diandalkan untuk menyimpan dokumen perusahaan dengan kamu sebagai pengelolanya. Tingkat kemanan yang ditawarkan termasuk sangat tinggi, sehingga kamu tidak perlu khawatir terhadap keamanan dokumen yang disimpan di NextCloud. Semua dokumen yang disimpan bisa kamu awasi secara langsung, dan kamu bisa mengetahui siapa saja yang mengakses dokumen tersebut dan digunakan untuk apa. Menariknya lagi, NextCloud bisa mengkonversi file menjadi PDF secara otomatis. Langsung saja mengunjungi website-nya apabila kamu menginginkan informasi lebih lanjut.

3. Mega

Mega merupakan penyedia penyimpanan cloud yang menawarkan kapasitas penyimpanan hingga sebesar 50 GB secara gratis. Namun, penawaran tersebut sepertinya tidak akan berlangsung selamanya, jadi buruan daftar apabila kamu menginginkan gratis penyimpanan hingga 50 GB. Mega termasuk salah satu penyedia penyimpanan cloud yang aman. Hanya kamu yang bisa mengakses dokumen yang kamu simpan di Mega, bahkan orang lain maupun pihak Mega sendiri tidak bisa mengaksesnya. Semua dokumen yang kamu simpan bisa diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan perangkat mobile. Berminat untuk mendaftar akun di Mega? Langsung saja kunjungi website-nya.

4. Tresorit

Penyimpanan cloud bernama Tresorit juga menawarkan tingkat keamanan tinggi terhadap semua dokumen yang disimpan di dalamnya. Semua dokumen yang disimpan bisa kamua akses dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Selain mudah mengaksesnya, kamu juga bisa membagikan dokumen tersebut dengan gampang ke orang lain. Tresorit dikembangkan oleh perusahaan asal Swiss. Seperti yang kita ketahui, Swiss memiliki peraturan yang mengatur mengenai tingkat keamanan. Semua perusahaan penyedia layanan penyimpanan harus mematuhi regulasi peraturan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan penyedia layanan penyimpanan sangat mengedepankan proteksi yang tinggi terhadap barang atau file dokumen yang disimpan. Tresorit mampu mengenkripsi setiap file sebelum file tersebut diunggah untuk disimpan di cloud. Langsung saja menuju website-nya bila kamu ingin mendaftar akun di Tresorit.

5. OwnCloud

OwnCloud memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin menyimpan dokumen di dalamnya. Kamu bisa melakukan sinkronisasi maupun membagi dokumen dengan sangat mudah. Semua dokumen yang disimpan bisa diakses dimanapun kamu berada dan kapanpun. OwnCloud juga menawarkan tingkat keamanan tinggi terhadap semua dokumen yang disimpan karena hanya kamu yang bisa mengakses semua data tersebut. Penyimpanan cloud ini juga memiliki arsitektur yang fleksibel dan terbuka, itu artinya OwnCloud dapat terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud lainnya seperti Microsoft OneDrive, DropBox, dan layanan penyedia penyimpanan cloud lainnya. Langsung saja mengunjungi website-nya apabila kamu ingin menyimpan dokumen di OwnCloud.