ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Tools Terbaik Untuk Menganalisis Disk Space di Mac OS X

Radityo | Aplikasi/Games | 26 Mar, 2019

Semakin lama digunakan maka ruang penyimpanan komputer pasti akan terus terisi dan terkadang pengguna gak sadar jika kapasitasnya sudah hampir penuh. Oleh karena itu pengguna harus rajin memonitor ruang penyimpanan komputer miliknya. Nah, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk memonitor dan menganalisis ruang penyimpanan alias disk space. Tapi, karena ada banyak tools yang tersedia mungkin kamu malah bingung mau menggunakan tools yang mana.

Tapi tenang, kali ini kami akan memberikan rekomendasi 5 tools terbaik yang bisa diandalkan untuk menganalisis disk space bagi pengguna Mac OS X. Apa saja 5 tools tersebut? Simak informasi berikut ini.

1. DaisyDisk

 

Tools yang satu ini banyak digunakan oleh pengguna Mac karena memiliki informasi yang lengkap mengenai ruang penyimpanan Mac. Tidak hanya itu saja, semua disk yang terkoneksi dengan Mac juga bisa dimonitor ruang penyimpanannya. Tampilan informasi yang diperlihatkan juga atraktif. Kamu bisa mengetahui folder atau file mana yang memiliki ukuran paling besar, dan jika file tersebut sudah tidak diinginkan lagi maka kamu bisa menghapusnya untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan. Kamu bisa langsung menuju alamat website-nya apabila ingin mendapatkan tools ini.

2. GrandPerspective

GrandPerspective merupakan tools yang berguna untuk melihat penggunaan ruang penyimpanan, termasuk untuk melihat file system. Tools ini membantumu untuk memonitor dan mengelola ruang penyimpanan pada Mac. Kamu bisa dengan mudah mengetahui folder dan file mana yang memakan banyak ruang di memori penyimpanan dan menghapusnya apabila sudah tidak diperlukan. Selain itu, tampilan tools ini juga informatif dan menarik. Untuk versi terbaru bahkan sudah mendukung tema Dark Mode. Jika ingin mendapatkan tools GrandPerspective kamu bisa langsung menuju ke alamat website-nya.

3. Disk Inventory X

Tools yang satu ini khusus diciptakan untuk memonitor dan mengelola ruang penyimpanan di Mac OS X. Kamu bisa melihat dan mengetahui ukuran dari setiap file dan folder yang ada di ruang penyimpanan komputer, sehingga kamu bisa mengetahui file dan folder mana yang memiliki ukuran besar. Informasi mengenai besarnya ukuran file dan folder ditampilkan dalam tampilan yang informatif dan bagus, yang disebut sebagai treemaps. Kamu bisa klik link ini apabila ingin mengunduh tools Disk Inventory X ini.

4. Disk Cartography

Tools ini bisa dengan handal melakukan pemindaian dan menganalisis disk serta file pada komputer Mac milikmu. Tidak hanya bisa menampilkan informasi mengenai besarnya ukuran dari folder saja, tools ini juga mampu menampilkan informasi ukuran dari sub-folder. Selain itu, ukuran dari semua file yang ada di komputer Mac milikmu juga bisa diinformasikan oleh tools ini. Tipe disk yang bisa ditampilkan informasinya seperti hard drive, memory card, USB flash drive, dan lain sebagainya. Ada tiga mode tampilan disk yang ditawarkan yakni Disk Space, Percent, atau File Count. Tertarik untuk memiliki tools ini? Jika iya, silakan langsung menuju App Store untuk mendapatkan tools tersebut.

5. WhiteSizeMac

Tools terakhir yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis dan mengelola disk pada Mac OS X milikmu adalah WhiteSizeMac. Tools ini memberikan kemudahan bagi kamu dalam melihat dan mengelola disk serta membuat kinerja Mac OS X menjadi lebih berperforma lagi. Setelah melakukan pemindaian pada semua folder dan file, maka secara otomatis akan ditampilkan folder dan file yang memiliki ukuran paling besar. Selain itu, tools ini sanggup menghapus jenis file seperti log files, download files, cache files, temporary files, nib files, dan localization files dalam satu kali “click”. Fitur menarik lain yang ditawarkan adalah kemampuan untuk menemukan file yang sama atau duplikat dari suatu file. File duplikat tersebut dapat kamu hapus untuk membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega lagi. Silakan langsung menuju ke alamat website WhiteSizeMac untuk mendapatkan tools menarik ini.