ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Tools Terbaik Untuk Mengubah Nama File di OS Windows

Radityo | Aplikasi/Games | 26 Apr, 2019

Pada dasarnya sistem operasi Windows sudah memiliki kemampuan untuk mengubah nama suatu file. Cara untuk mengubah nama file tersebut juga mudah, cukup klik kanan lalu pilih opsi “rename” dan ketikkan nama baru yang diinginkan.

Meskipun begitu, bagi beberapa orang kemampuan mengubah nama file bawaan Windows dirasa kurang mumpuni. Nah, oleh karena itu diciptakanlah beberapa tool yang memiliki kemampuan lebih dalam hal mengubah nama file. Lantas apa saja tool tersebut?

1. Bulk Rename Utility

Tool pertama yang bisa digunakan untuk mengubah nama file adalah Bulk Rename Utility. Tool ini disediakan secara gratis untuk penggunaan secara personal. Berbekal tool ini kamu bisa mengubah nama file dengan mudah, bahkan kamu bisa mengubah nama file pada seluruh folder berdasarkan kriteria tertentu. Selain bisa mengubah nama file, kamu juga bisa menambahkan jam atau tanggal, teks, mengubah nomor, menambahkan nomor secara otomatis, dan lain sebagainya. Bagi yang penasaran dengan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh tool ini silakan langsung saja menuju ke alamat websitenya untuk informasi lebih lengkapnya.

2. Advanced Renamer

Tool berikutnya yang bisa diandalkan untuk mengubah nama file adalah Advanced Reamer. Tool ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah banyak nama file dalam sekali waktu. Selain itu, tool ini juga bisa mengubah nama banyak folder juga dalam sekali waktu. Hal itu bisa dilakukan karena tool ini menawarkan banyak metode, hingga 14 metode, untuk mengubah nama file atau folder. Menariknya lagi, dengan mengisi informasi yang lengkap, maka file yang sudah diubah namanya bisa langsung berpindah atau ter-copy di lokasi baru yang sesuai. Silakan mengunjungi website-nya apabila kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait tool ini.

3. ReNamer

Tool ini merupakan salah satu tool yang ampuh dan fleksibel untuk mengubah nama file. ReNamer memiliki kemampuan standar dalam mengubah nama file, termasuk menambahkan angka, mengubah file extension, dan lain sebagainya. Selain bisa mengubah nama file, tool ini juga tentu saja bisa diandalkan untuk mengubah nama folder. ReNamer sendiri juga sudah didukung beberapa meta tasg seperti ID3v1, ID3v2, EXIF, OLE, AVI, MD5, CRC32, dan SHA1. Klik saja link ini jika kamu ingin mengunduh tool bernama ReNamer ini.

4. Flexible Renamer

Selain bisa digunakan untuk mengubah nama file dan folder, tool bernama Flexible Renamer ini juga memiliki fungsi untuk me-copy, memindahkan, membuat shortcut, dan membuat hardlink baik file maupun folder. Tidak hanya itu saja, Flexible Renamer juga memiliki kemampuan untuk me-copy atau memindah file menggunakan informasi berdasarkan tag, seperti ID3(MP3/WMA/APE/MPC/OGG), EXIF, IPTC, Document(MS-Office(also 2007)/PDF), dan HTML. Bila ingin mengetahui fitur lain apa saja yang dimiliki oleh tool ini kamu bisa langsung klik saja link ini untuk mengunjungi alamat website-nya.

5. Flash Renamer

Sesuai dengan namanya, tool ini memiliki kemampuan untuk mengubah nama banyak file atau folder dengan cepat dan tepat. Selain bekerja pada file dan folder, tool ini juga bisa bekerja pada sub-folder sekalipun. Kamu bisa mengubah nama file, baik itu file dokumen, musik, gambar, dan lain sebagainya serta menambahkan informasi penting pada masing-masing file tersebut dengan sangat mudah. Untuk mengetahui fitur lain yang ditawarkan oleh tool bernama Flash Renamer ini silakan langsung saja mengunjungi alamat website-nya melalui link berikut ini.