ASUS Zenfone Max Pro M2

Tool Terbaik Untuk Kompres File

Radityo | Aplikasi/Games | 04 Sep, 2019

Biasanya file yang memiliki ukuran yang besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikirim, baik itu dikirim melalui email atau ditransfer via kabel USB. Nah, untuk mengakalinya kita harus mengubah ukuran file tersebut agar menjadi lebih kecil atau istilahnya adalah dikompres agar file tersebut bisa dikirim dalam waktu yang lebih cepat.

Sehubungan dengan hal itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa tool terbaik yang bisa digunakan untuk mengkompres ukuran file agar menjadi lebih kecil. Apa saja kelima tool tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

1. 7-Zip

Software atau tool ini bersifat open source dan bisa didapatkan secara gratis. Penggunaanya juga sangat mudah, dan kamu tidak perlu membayar atau melakukan registrasi jika ingin menggunakan tool ini. 7-Zip menawarkan tingkat rasio kompresi yang tinggi. Adapun jenis file yang di-support antara lain 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, dan WIM (Packing/unpacking). Sedangkan untuk jenis file khusus unpacking yang di-support adalah AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VMDK, WIM, XAR, dan Z. Langsung saja menuju alamat website ini jika kamu ingin mengunduh tool 7-Zip.

2. PeaZip

Tool kedua yang kami rekomendasikan adalah PeaZip. Tool ini bisa langsung kamu unduh tanpa harus membelinya terlebih dulu karena PeaZip disediakan secara gratis. PeaZip sendiri memiliki fitur yang banyak namun tetap mudah untuk digunakan. Tool ini mampu membuka dan mengekstrak lebih dari 180 file berformat arsip. Asyiknya lagi PeaZip tidak hanya tersedia untuk Windows saja, tetapi juga tersedia untuk Linux. Tool ini juga tidak perlu di-install dulu jika ingin digunakan. Bagi yang berminat memiliki PeaZip bisa langsung menuju website ini untuk mendapatkannya.

3. WinRAR

Siapa sih yang gak tau sama tool bernama WinRAR? Yap, pastinya sebagian besar pengguna komputer sudah pernah menggunakan atau setidaknya mendengar tool yang satu ini. WinRAR bisa diandalkan untuk mengkompres, mengenkripsi, dan mencadangkan file. Tool ini sudah support beberapa format yang populer seperti RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z dan 7-Zip. Apabila tertarik kamu bisa mendapatkan tool ini secara gratis di alamat website berikut ini.

4. Bandizip

Tool bernama Bandizip ini tersedia untuk platform Windows maupun Mac OS. Bandizip sendiri bisa mengekstraksi lebih dari 30 jenis format termasuk RAR, RAR5,7Z, dan ZIP. Selain itu tool ini juga bisa digunakan untuk mengedit file ZIP seperti mengubah, menambah, dan menghapus. Soal kinerjanya tidak bisa diremehkan karena tool ini menawarkan proses kompresi yang cepat berkat fitur multi-core yang dimilikinya. Silakan langsung saja unduh tool bernama Bandizip di alamat website ini.