ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Program Gratis Terbaik Untuk Mengedit Gambar Selain Photoshop

Radityo | Aplikasi/Games | 13 Aug, 2019

Bagi yang suka mengedit gambar atau foto pastinya sudah gak asing lagi dengan program yang satu ini, yap, Photoshop. Mungkin hampir semua orang yang baru mulai belajar atau yang udah ahli mengedit gambar/foto menggunakan Photoshop sebagai program andalan untuk mengedit gambar/foto. Tapi, adakah program lain yang serupa dengan Photoshop yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja ada. Nah, bicara mengenai program editing gambar/foto selain Photoshop, pada kesempatan kali ini kami bakal memberikan rekomendasi program apa saja yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Apa sajakah program tersebut? Ini dia informasi lebih lengkapnya.

1. Krita

Program pertama yang kami rekomendasikan adalah Krita. Program ini bersifat open source dan disediakan secara gratis. Krita sendiri ditujukan bagi seniman, ilustrator, industri VFX, dan profesi lainnya yang suka dengan dunia desain. Program ini memiliki user interface yang intuitif sehingga pengguna bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di dalam Krita untuk menghasilkan karya seni digital yang sesuai selera. Program ini disediakan bagi platform Windows, Linux, dan Mac OS. Silakan langsung kunjungi website ini jika kamu ingin mengunduh Krita dan menggunakannya sebagai program untuk mengedit gambar atau foto.

2. GIMP

Program lainnya yang bisa diandalkan untuk mengedit gambar/foto adalah GIMP. Sama seperti Krita, GIMP juga merupakan sebuah program yang bersifat open source dan bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis. GIMP sendiri merupakan kependekan dari GNU Image Manipulation Program. Tidak peduli apakah kamu adalah seorang desain grafis, ilustrator, fotografer, atau seorang ilmuwan sekalipun kamu bisa mengandalkan program ini untuk menunjang pekerjaanmu. GIMP menawarkan banyak tool yang berguna untuk pengolahan gambar agar menghasilkan karya yang sempurna. Apabila tertarik, GIMP tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS. Kamu bisa mengunduhnya di laman berikut ini.

3. Paint.NET

Program bernama Paint.NET ini bisa digunakan untuk mengedit baik itu gambar maupun foto. Program ini sendiri disediakan khusus bagi komputer yang menjalankan OS Windows. Paint.NET dibekali dengan tampilan user interface yang intuitif sekaligus inovatif yang support layers, undo tak terbatas, efek spesial, dan bermacam-macam tool yang berguna serta powerfull untuk mengolah gambar/foto. Jika ada yang tertarik mengunduh Paint.NET maka kamu bisa langsung mengunjungi alamat website ini.

4. PhotoFiltre

Selanjutnya ada program bernama PhotoFiltre. Program ini sanggup melakukan pengeditan gambar/foto baik secara simpel maupun profesional. PhotoFiltre memiliki banyak pilihan filter yang bisa digunakan untuk mengedit gambar, misal ada watercolor, pastels, Indian ink, pointillism, dan puzzle effect. Sementara untuk tool yang dimiliki oleh program ini juga cukup lengkap, mulai dari tool pengaturan brightness, contrast, dyed, saturation, gamma, dan correction semua ada. Langsung saja kunjungi website ini untuk mendapatkan program bernama PhotoFiltre.

5. Pinta

Program terakhir yang kami rekomendasikan adalah Pinta. Program ini bersifat open source. Asyiknya lagi kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Pinta dapat digunakan untuk menggambar dan juga mengedit gambar/foto. Kamu bisa menggambar freehand, lines, rectangles, ellipses, dan lain sebagainya dengan mudah menggunakan program ini. Selain itu Pinta juga memiliki 35 tool pengaturan dan efek yang bisa diberikan pada gambar/foto agar terlihat lebih menarik. Apabila berminat mengunduh Pinta maka kamu bisa mengunjungi link ini.