ASUS Zenfone Max Pro M2

Yahoo Diserang Hacker, Tips Mengamankan Email dan Password

IrwanKarta | Tip & Trik | 13 Jul, 2012

Hari ini 12 Juli 2012, dilaporkan sekelompok Hacker dengan nama D33ds Company telah meretas salah satu layanan Yahoo yaitu Yahoo Voice. Mereka berhasil mengekspos struktur database dan bahkan merilis hampir 450.000 akun email Yahoo lengkap beserta passwordnya!

Waduh! πŸ™

Serangan hacker ini adalah kesekian kalinya setelah sebelumnya diberitakan akun dan password pengguna Social Media LinkedIn di perangkat iOS berhasil dicuri. Kemudian beberapa hari yang lalu situs Social Media FormSpring juga diretas dan 400.000 password penggunanya berhasil diambil.

Mengamankan Akun Email Yahoo

Mas Bero dan Mbak Sis yang menggunakan email dan layanan akun Yahoo lainnya seperti Yahoo Messenger harap mengamankannya. Terutama jika email tersebut dipakai untuk login ke situs lainnya seperti social media dan akun financial seperti Internet Banking.

Langkah pertama adalah cek apakah akun email Yahoo kamu termasuk yang telah diekspos atau bukan. Caranya bisa dicek di situs Sucuri Labs atau situs Dazzlepod.

Lalu tuliskan alamat email kamu. Jika alamat email kamu tidak terdaftar disitu artinya email kamu aman. Untuk berjaga-jaga segera ganti password dan pilihlah password yang paling sulit ditebak namun mudah diingat.

Tetapi apabila ternyata email kamu termasuk dalam daftar email yang dicuri dari Yahoo dan passwordnya diekspos secara umum di internet, kamu dapat melakukan request untuk membersihkannya melalui kedua situs tadi. Lalu segera ganti passwordnya.

Yahoo memang merupakan layanan email yang paling banyak akunnya diekspos oleh Hacker, namun layanan lain pun tak luput dari ulahnya. Secara lengkap, ada 135,599 email Yahoo, 106,185 dari Gmail, 54,393 Hotmail, 24,677 email Aol, 8,422 dari comcast.net, dan 6,282 email MSN.

Saat ini Yahoo sedang melakukan perbaikan di sistem keamanannya, dan melaporkan alamat email yang berhasil diambil para Hacker adalah hanya 5% dari keseluruhan akun. Untuk keamanan, dipayakan password diganti secara periodik dan dilengkapi security questions atau pertanyaan pengamanan. Dan lakukan langkah-langkah sesuai tips yang disarankan Yahoo Security.

Mas Bero dan Mbak Sis, mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Online dengan aman dan nyaman bersama NGONOO.

πŸ˜‰