ASUS Zenfone Max Pro M2

Tools Baru Dari Google Buat Gmail

Radityo | Hiburan | 27 Mar, 2014

Buat kamu pengguna akun Gmail, maka kali ini kamu bisa merasa aman akan keamanan akun Gmail kamu. Seperti yang kita ketahui, ulah para hacker sudah sangat meresahkan banyak pengguna internet. Mereka tidak hanya membobol akun sosial media saja, namun terkadang juga membobol akun email, membobol nomor rekening dan lain sebagainya.

Nah buat kamu para pengguna Gmail, mungkin juga pernah mengalami akun Gmail kamu dibobol oleh hacker. Namun saat ini ada cara untuk mengetahui apakah akun Gmail kamu aman ataukah pernah dibobol oleh hacker. Bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut ini. 

Beberapa saat yang lalu Gmail mengalami down, para pengguna tidak bisa masuk ke akun Gmail mereka. Dan dikhawatirkan ada hacker yang berhasil membobol sistem keamanan dari Gmail. Namun kini Google sudah memberikan antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Pihak Google baru-baru ini memberikan tools baru di dalam Gmail. Tools ini berfungsi untuk mengetahui jika ada “aktivitas” tidak wajar yang membuka akun Gmail kamu dari IP address yang mencurigakan.

Interface Login Google

Interface Login Google

Lalu bagaimana caranya menggunakan tools baru yang ada dalam Gmail tersebut ? berikut langkah-langkahnya.

  1. Kamu harus login terlebih dahulu ke akun Gmail kamu melalui perangkat komputer. Setelah berhasil login silahkan scroll ke bawah lalu cari menu “details” kemudian klik menu tersebut.
  2. Jika sudah kamu klik, maka akan ada pemberitahuan daftar 10x login yang sudah kamu lakukan. Daftar pemberitahuan ini akan menampilkan 10x jumlah login, baik login dari komputer, smartphone maupun tablet. Apabila kamu lupa untuk melakukan sign out akun Gmail dari perangkat/lokasi lain maka kamu bisa mengklik menu “ Sign out all other sessions” yang ada pada bagian atas.
  3. Lalu pada bagian bawah, kamu bisa mengklik “Show alert for unusual activity”. Menu ini berfungsi untuk melihat apakah ada pihak lain yang melakukan login pada akun Gmail kamu. Apabila kamu melihat adanya IP address mencurigakan yang login kea kun Gmail kamu, maka segera ubah password akun Gmail kamu agar tidak dibobol oleh hacker lagi.

Selamat mencoba.

Alexander Supertramp / Shutterstock.com