ASUS Zenfone Max Pro M2

Review HTC One X

Taufiq Hasan | Featured | 16 Aug, 2012

HTC adalah salah satu merk smartphone dari Taiwan telah mendunia, di Indonesia termasuk merk smartphone kelas atas juga. Beberapa waktu yang lalu HTC merilis produk high-end bernama HTC One X, ini adalah salah satu dari One series, selain itu ada HTC One V, One S, dan One VC. HTC One X adalah seri tertinggi, yang paling kelihatan bisa dilihat dari spek hardware-nya yang mewah, mulai dari prosesor, grafis, sampai kameranya.

Mungkin kamu udah pernah liat iklan produk ini di televisi, yup, yang ceritanya ada orang lagi terjun payung sambil motret-motret pake smartphone. HTC One X emang punya keunggulan pada kameranya, resolusi 8 MP dan kemampuan mengambil gambar dengan cepat membuat smartphone ini bisa diandalkan buat mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan prosesornya sangat mendukung kinerja aplikasi kameranya, nggak perlu nunggu loading waktu buka kamera.

Layar lega berukuran 4.7 inchi dilapisi kaca gorilla glass yang dijamin anti gores, nggak perlu takut masukin saku barengan kunci, pisau, clurit, atau kapak. Layar nggak bakal lecet pokoknya. Kualitas grafisnya tentu juga sangat mendukung ukuran layar yang besar, karena resolusi layarnya hampir seukuran dengan laptop. Buat liat video HD semacam film download-an dari internet gitu enteng banget, apalagi buat nonton video 3gp. ๐Ÿ˜

Buat kamu yang suka ngegame, HTC One X kayaknya udah lebih dari cukup deh. Prosesor udah pake quad core masing-masing 1.5 GHz dan udah pake memory 1 GB, itu kan udah melebihi spek komputer standard 6 tahun yang lalu. Game-game kayak Angry Birds, Need For Speed, Amazing Alex, Scrumble, dan Draw Something jelas lancar jaya dijalanin di smartphone ini. Selain game, aplikasi jejaring sosial yang lagi ngetren juga makin nyaman dipake, Path dan Facebook yang agak berat dijalanin di smartphone biasa terasa sangat nyaman dipake di HTC One X. Ya iya lah..

Kalo fitur software-nya mungkin nggak terlalu terasa bedanya sama Android lainnya, karena kebanyakan dari kita biasanya pakai aplikasi third-party buat memaksimalkan smartphone kan, nah, untuk produk One series ini ada yang spesial buat pengguna Dropbox, waktu kamu login pertama kali dengan Dropbox yang udah terinstall di HTC One X maka kamu dapat tambahan space 23 GB gratis, berlaku sampe 2 tahun.

Oh iya, HTC One X udah dikasih storage bawaan internel 4 GB ditambah phone storage 25 GB, phone storage kayaknya beda sama SD Card, dan kamu nggak bisa nambah storage lagi wong casingnya nggak bisa dibuka. Saya aja mau lihat baterainya nggak jadi. ๐Ÿ˜ Untuk SIM cardnya kamu harus pake yang micro, biasanya sih minta tolong dipotongin sama gerai resmi operatornya bisa.

Buat pemakain normal baterainya bisa kuat seharian, pemakaian normal itu maksudnya layar nggak nyala terus. :)) Kalo layar nyala terus itu berarti dipake terus non-stop. Normalnya smartphone kan selalu terhubung internet (tapi bukan berarti buat browsing atau facebookan terus), dan sekali-sekali buat motret, nonton video, maen game, dengerin musik, telfon, dan SMS.

Bentuknya emang tipis, tapi karena lumayan besar jadi kurang nyaman masuk saku sebenernya. Celana jeans yang ketat-ketat gitu nggak bakalan muat deh.

Hal yang paling terasa bedanya waktu pake HTC One X adalah kameranya. Hardware dan aplikasinya pas banget, kita bisa merekam dan memotret dalam waktu bersamaan. Misalnya lagi ngrekam sebuah momen, saya tinggal pencet tombol shutter kamera buat motret tanpa memutus rekaman. Aplikasi kamera bawaan udah keren, tersedia beberapa efek dan pengaturannya komplit. Kalo kamu suka otak-atik manual waktu motret, HTC One X pas banget buat kamu. Hasilnya? Ya tergantung obyek, cahaya, dan cara motret, tapi pake mode otomatis hasilnya udah keren koq. ๐Ÿ˜€

Soal harga, hehe, masih bertahan di kisaran 6 jutaan. Menurut saya HTC One X sangat recommended buat smartphone di kelasnya.

Disclosure: Dalam review ini device disediakan oleh Prima Abadi Yogyakarta,ย Jl. Gejayan 12 Jogja (Sebelah Pasar Demangan) :P. ย Silakan follow @primaabd di Twitter.