4 Tips Bertanya Kepada Google

Taufiq Hasan | Tip & Trik | 09 Oct, 2012

Sebagaimana khalayak tau bahwa Google itu adalah sebuah mesin pencari halaman website yang sangat super, tak hanya halaman website, wong kita cari file aja ketemu koq. Yup, robotnya Google memang sangat rajin menjelajah internet. Tapi ternyata Google bukan cuma sekedar mesin pencari lho, buktinya Google bisa jawab pertanyaan kita.

Tanya sama Google harus pake cara yang bener, nggak boleh sembarangan, ikutin 4 tips berikut eaa..

1. Harus pake Bahasa Inggris

Kayaknya karena emang Google baru membuat mesinnya hanya memahami Bahasa Inggris, jadi jangan asal tanya pake Bahasa Indonesia atau bahasa daerah kamu ya. 🙂

2. Harus dengan format yang jelas

Karena kita sedang tanya sama mesin, maka alangkah baiknya kalo kita pake format kalimat yang jelas. Misalnya kita mau tanya bagaimana cuaca hari ini di Jakarta, kita bisa pake kalimat “Jakarta weather” aja atau “What is the weather in Jakarta”. Jangan kebalik-balik malah jadi “Who is the weather of Jakarta”.

Pertanyaan yang paling bisa dijawab Google adalah “what”, “who”, “where”, dan hitung-hitungan (secara ini mesin ya pasti  gampang banget dijawab), sedangkan untuk “when” dan “how” kurang banyak jawabannya. Contoh :

3. Harus sopan

Mesin juga nggak mau jawab kalo ditanyain dengan cara kasar, tanyanya jangan sambil mengumpat. Kata-kata semacam “who the hell is the president of Indonesia” nggak akan membantu kamu. Tolong kendalikan emosi waktu berkomunikasi dengan mesin ya.

4. Harus pengertian

Hal terakhir ini mungkin sering dilupakan, kita sering menganggap Google itu tau segalanya. Kita harus pengertian bahwa Google cuma sebuah mesin. Jangan melontarkan pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh manusia atau bahkan cuma Tuhan yang bisa jawab. Pas lagi galau seharian pacar nggak ngasih kabar ya jangan tanya sama Google.

Semoga bermanfaat untuk jiwa dan raga.. 🙂 Baca juga 10 trik pencarian di Google dari mas @misterfahmi.