Membuat eBook dari Wikipedia

Share

Wikipedia adalah sumber ilmu yang kadang benar dan kadang menyesatkan, berhubung kontributornya banyak sih, jadinya ya gitu deh. Banyak yang bilang juga itu semua cuma konspirasi wahyudi, kalo kata @rasarab pasti ada alien di balik Wikipedia. Meskipun beginu, jangan terus menjeneralisir, masih banyak juga koq informasi yang bener di Wikipedia.

Wikipedia ini ternyata punya fitur unik yang jarang diketahui orang, wong saya sendiri saja taunya baru semalam koq. Jadi ternyata Wikipedia ini punya fitur untuk membuat eBook dari dari beberapa koleksi artikel. Contoh gampangnya ginik, misal kita pengen bikin ebook tentang film-film horor Indonesia, nah, tinggal cari semua artikel tentang film horor dan masuk satu per satu ke dalam daftar Book Creator.

Fitur ini masih dalam keadaan disabled secara default, untuk meng-enable coba lihat sidebar kiri agak ke bawah, ada pilihan menu Print/export trus submenu Create a book. Kalo udah silakan lanjutkan mencari artikel dan kalo menarik pencet tombol Add thie page to your book.

book creator

Ada 4 pilihan format ebook, yaitu PDF, OpenDocument, OpenZIM, dan epub. Terserah mau pake yang mana, yang penting hepi.

book creator 7

Selamat mencoba.

Hormat kami,
TTD

Taufiq Hasan

Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *