Hari ini Peraturan Baru Instagram Berlaku, Apa Yang Perlu Dilakukan?

Peraturan Baru Instagram 19 Januari 2013

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Instagram mengumumkan ToS (Term of Service) atau Peraturan atau Ketentuan Baru bagi pengguna Instagram. Yaitu salah satu klausulnya adalah pihak Instagram berhak menggunakan sepenuhnya dari foto-foto yang diunggah ke server untuk keperluan monetisasi atau periklanan, yang akan diberlakukan tanggal 16 Januari 2013.

Ketentuan baru ini membuat gelombang protes di kalangan pengguna, sehingga akhirnya pemberlakuan ketentuan baru ini diundur menjadi 19 Januari 2013.

Namun, alih-alih menerima protes keberatan dari pengguna dan kalangan netizen, justru Instagram memperbaharui peraturannya yang lebih memberikan keleluasaan bagi Instagram  dari pada ketentuan sebelumnya.

Jika ketentuan sebelumnya mengatakan bahwa Instagram bebas menggunakan foto pengguna, maka di ketentuan baru klausul tersebut diganti dengan mengatakan bahwa hak penggunaan foto dapat dipindahtangankan kepada pihak ketiga. Artinya bisa dijual!

Hadeh.

Karenanya banyak pengguna yang memutuskan menutup akun Instagram-nya, terutama pengguna yang memiliki koleksi foto-foto yang bagus dan berharga.

Bagi kamu yang memutuskan untuk menutup akun Instagram kamu, bisa ikuti cara yang pernah NGONOO sampaikan. Namun jangan lupa backup dulu foto-foto berharga kamu, dengan cara mendownloadnya.

Kemudian bagi kamu Sahabat NGONOO yang lebih memilih tetap menggunakan aplikasi Instagram ini seperti saya, mungkin karena alasan aplikasi ini masih yang paling keren dalam mengolah, memanipulasi serta berbagi foto, ada baiknya menghapus segera foto-foto yang kamu anggap paling berharga agar Instagram atau Facebook (sebagai pemilik Instagram) tidak dapat mempergunakannya kelak.

Lalu setelah itu tetap memakai Instragram namun selektif dengan foto-foto yang kamu unggah.

Namun apabila kamu tidak terlalu peduli dengan semua foto-foto di akun Instagram kamu, maka tetaplah foto-foto, edit-edit, unggah dan share sesukamu, maka kamu tidak akan dipusingkan dengan semua peraturan itu.

Itu adalah pilihan. Yang penting, jangan terlalu serius.

Responses (5)

  1. masih nyaman pakek instragram, share foto2 dr kamera hape tak anggap gak terlalu serius, gak usah repot2 motrek pakek DSLR njuk diinstagramin. Klo mau mau share foto2 serius ya pake Flikcr, 500px, smugmug dll.

  2. masih nyaman pakek instragram, share foto2 dr kamera hape tak anggap gak terlalu serius, gak usah repot2 motrek pakek DSLR njuk diinstagramin. Klo mau mau share foto2 serius ya pake Flikcr, 500px, smugmug dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.