Gimana Sih Sejarahnya Penggunaan Karakter @ di Internet dan Sosial Media?

  • Share

NGONOO.com – Simbol “@” itu bukan sesuatu yang aneh kan buat kamu anak NGONOO yang #SELO? Hampir setiap hari kita menuliskan simbol itu, terutama untuk percakapan di Sosial Media. Baik itu Twitter, Facebook, bahkan yang ga ada fasilitas itu pun kita sudah “kebacut” kebiasaan make “@”.

Sebenarnya nih, simbol @ itu kan awalnya buat email. [email protected] misalnya. Tapi, saat ini kita mengenal @ itu sebagai cara untuk membalas sebuah percakapan terhadap seseorang. Simbol ini dipakai sebagai mention.

Kamu tau gimana ceritanya “@” ini sampe begini populernya? Tahun 2006 lalu, seorang bernama Robert Andersen @rsa, menggunakan simbol “@” pada twit nya 3 Nov 2006. Seperti ini :

Twit Robert Andersen Pertama Memakai Simbol @ Untuk Mention

Mas Robert ini sekarang adalah Creative Director-nya Square.

Yap, ga salah emang kalau pengenalan “@” ini dan mulai populernya itu melalui Twitter. Padahal, dulu mas Robert Andersen juga nulis @ nya gak kaya sekarang, masih di pisah gitu antara “@” dengan orang atau akun yang dimaksud.

Kalau dulunya cuman di Twitter, sekarang ini penggunaan “@” udah melebar kemana-mana. Facebook juga sudah mengadopsi penggunaan itu di tahun 2009 lalu, bahkan saat ini udah lebih komplit hampir kek Twitter gitu. Nah, yang paling baru adalah Tumblr juga ikut-ikutan mengadopsi sistem “@” mention untuk melakukan percakapan antar penggunanya.

Dan banyak fitur lain yang berasal dari Twitter kemudian di adopsi oleh situs-situs populer lainnya. Contoh tuh Retweet dan hashtags.

Mungkin sejarah @ ini emang bukan berawal dari mas Robert, mungkin juga ada orang lain yang sudah menggunakan konsep membalas / mention-mentionan ini sebelum itu. Tapi berhubung yang terekam adalah twit milik mas Robert, ya dari situlah “@” berawal.

Setelah Tumblr milik Yahoo, siapa lagi yang bakal menggunakan fitur “@” pada percakapan mereka?

[email protected],, [baca:setdahhh]

Selamat malam jum’at, tetap semangat dan Sat Set Bat Bet TM

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.