10 Gagdet Mahal yang Cepat Rusak

Tanpa disadari untuk saat ini kepemilikan akan sebuah gadget “sepertinya” sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Mereka berlomba-lomba untuk menggunakan gadget dengan teknologi terkini dan tercanggih yang tentunya memiliki harga selangit. Ketika berbicara masalah gengsi, mereka tidak perduli dengan harga dari gadget tersebut. Asalkan sesuai dengan selera mereka, tak lama berselang pasti gadget mahal tersebut sudah ada didalam genggaman. Masalah digunakan sesuai fasilitas atau tidak, hanya mereka sendiri yang tahu karena sekali lagi faktor gengsi memegang peranan penting disini.

Nah, biasanya sebuah perangkat apapun yang berharga mahal seharusnya memiliki kualitas dan ketahanan handal. Akan tetapi, dalam kasus ini ada beberapa gadget berharga mahal malah tidak memiliki kualitas dari segi ketahanan. Dari hasil tes pengujian yang dilakukan oleh Square Trade Europe, dapat disimpulkan ada 10 jenis gadget berharga mahal yang kualitasnya tidak sekuat harganya. Kesepuluh gadget tersebut, antara lain:

  1. iPad Mini (7,5)
  2. Samsung Galaxy S4 (7)
  3. iPad Air (6,5)
  4. Samsung Galaxy S3 (6,5)
  5. iPhone 5C (6)
  6. Nexus 7 generasi pertama (6)
  7. Samsung Galaxy Tab 3 (5,5)
  8. iPhone 5S (5,5)
  9. Nexus 7 generasi kedua (5)
  10. Moto X (4,5)

Adapun beberapa bentuk tes yang dilakukan oleh Square Trade Europe adalah dengan mencelupkan gadget tersebut ke air, menjatuhkan ke lantai, serta tes-tes pengujian lainnya. Memang jika diperhatikan bahwa tes-tes yang dilakukan tidak bisa menjadi standar acuan karena  kondisi tersebut sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi biasanya itu dikarenakan kelalaian dari para penggunanya sendiri. Akan tetapi jika melihat dari segi harga mahal yang dimiliki, sepertinya tidak ada salahnya melakukan tes-tes seperti itu hanya untuk memastikan apakah kualitas gadget tersebut sebanding dengan harga jualnya.

Salah satu contoh adalah gadget buatan Apple yang kita kenal memiliki standar harga jual diatas rata-rata. Meski memiliki harga jual mahal namun pada pengujian kali ini justru semua gadget perusahaan Cupertino tersebut ada di peringkat sepuluh besar, bahkan iPad Mini berada di urutan pertama hasil penilaian. Tidak cuma Apple, nama-nama brand kenamaan lain juga ikut tercatut di daftar 10 teratas. Sebut saja Samsung dan Google Nexus, Square Trade Europe berikan skor pada gadget yang paling lemah. Kian tinggi skornya maka gadget itu dicap makin ringkih dan cepat rusak.

Sekarang bagaimana nih Sobat? Apakah kalian masih ingin membeli gadget-gadget diatas? Hasil uji coba diatas adalah hasil uji coba extreme yang jarang terjadi dengan pemakaian gadget secara normal, jadi sebenarnya tidak ada salahnya jika kita ingin membeli gadget tersebut. Demikian postingan terkait 10 Gadget Mahal yang Cepat Rusak, semoga bermanfaat. (DW)

Gambar: High Price Gadget via ShutterStock

Response (1)

  1. Samsung A3 mudah sekali rusak. Saya membeli A3 sekitar bulan maret, hanya dalam waktu 2 hari langsung rusak total (black screen and unresponsive). Oleh Samsung Gallery dikembalikan dalam bentuk uang sebesar harga beli satu setengah bukan kemudian. Pada saat menunggu penggantian, kembali saya membeli Samsung A3 baru, sekitar akhir April. Pada hari ini, 24 September 2015 atau 5 bulan kemudian, Samsung A3 kembali bermasalah. Kali ini black screen, tetapi masih bisa respon terhadap gerakan jari atau dihubungkan laptop (tapi ya tentu saja tidak ada gunanya).
    Milik teman saya, Samsung A3 juga, ternyata juga mengalami hal yang sama.
    Saya tidak tahu berapa banyak seri yang sama mengalami masalah. Jangan-jangan produk gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.