Foto-Foto NASA Yang Menginspirasi Film Gravity

  • Share
NASA image acquired July 19, 2011

Film Gravity baru saja sukses menyabet 7 penghargaan Piala Oscar. Film yang sepanjang pemutarannya dilakukan dengan setting background luar angkasa ini dibintangi oleh Sandra Bullock. Tapi tahukah sobat Ngonoo sekalian, bahwa NASA telah mengeluarkan foto luar angkasa asli milik mereka yang menginspirasi sejumlah adegan film Gravity? Seperti apa sih foto asli luar angkasa yang direlease NASA ini? yuk kita simak!

1. Foto yang di atas, adalah foto yang diambil NASA pada tanggal 19 Juli tahun 2011. Foto siluet planet bumi tersebut diambil dari International Space Station di luar angkasa. Pada tanggal 20 Juli, pesawat luar angkasa Atlantis yang berada di foto tersebut melakukan perjalanan pulang ke bumi untuk mengakhiri program “NASA’s 30-years Shuttle Space”.

2. Sedangkan foto dibawah ini, diambil oleh awak kapal STS-129 (Space Shuttle Atlantis), yang merupakan foto dari matahari terbit di atas bumi dan menerangi sebagian dari Stasiun Luar Angkasa milik Russia.

7

3. Foto berikut adalah foto dari Astronot Steven L. Smith yang sedang mengambil peralatan di luar angkasa sambil berdiri pada penahan kaki yang terletak di ujung sistem manipulator jarak jauh (Remote Manipulator System / RMS)

Foto NASA

4. Foto nomer empat, adalah foto lampu dari negara Spanyol dan Portugal di sekitar semenanjung Iberian. Foto ini diambil dari Stasiun Internasional Luar Angkasa. Foto ini diambil oleh kru dari Ekspedisi 30 pada tanggal 4 Desember 2011.

3

5. Foto selanjutnya adalah foto dari dalam Cupola di Stasiun Internasional Luar Angkasa, seorang astronot NASA Chris Cassidy menggunakan kamera dengan lensa 400mm untuk menangkap momen dari planet Bumi yang ada di bawahnya. Mirip sekali dengan sebuah adegan dari film Gravity di mana Sandra Bullock melepaskan baju luar angkasanya dan bermondar mandir di dalam Cupola tersebut.

2

6. ini adalah foto siluet horizon bumi dan matahari yang ditangkap oleh kamera salah satu kru Pesawat Luar Angkasa Atlantis (STS-129) ketika Atlantis sedang diem dan mangkal di Stasiun Internasional Luar Angkasa.

4

7. Terakhir, ini adalah foto asli NASA tentang penyelamatan kru dari Ekspedisi 29 keluar dari pesawat luar angkasa Soyuz TMA-02M yang dilakukan oleh personel bantuan dari Russia. Foto  ini diambil ketika para kru Ekspedisi 29 yang terdiri dari Astronaut NASA Mike Fossum, Cosmonaut Russia Sergei Volkov, dan JAXA (Japanese Aerospace Exploration Agency) Astronaut Satoshi Furukawa mendarat di daerah terpencil sekitar kota Arkalyk, Kazakhstan, tanggal 22 November 2011.

NASA, Kazakhstan

Gimana, jadi pada inget film Gravity kan? foto-foto asli NASA yang Ngonoo cantumkan di atas adalah lisensinya asli milik NASA dan memang disebar luaskan untuk digunakan umum. Kalau mau lihat foto-fotonya dengan resolusi yang lebih besar, sobat Ngonoo bisa langsung cek di account flickr yang merelease foto-foto resmi NASA tersebut di http://www.flickr.com/photos/gsfc/sets/72157641720644305/. (DS)

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.