Facebook Meluncurkan FB Newswire Buat Ngalahin Twitter

Beberapa hari lalu, jejaring sosial media milik Mas Zuckerberg merilis layanan baru yang diberi nama FB Newswire. Layanan ini berisi berita-berita yang terkurasi dan aktual datangnya dari sumber-sumber terpercaya di berbagai negara. FB Newswire ini didukung oleh Storyful, penyedia konten yang terpercaya dalam mengkurasi dan menghadirkan informas-informasi bermutu.

Mengapa Facebook membuat layanan tersebut? menurut saya sih, Facebook ingin bersaing dengan Twitter untuk memberikan layanan news flash alias berita cepat yang selama ini di dominasi oleh Twitter. Seperti yang kita tahu, twitter sangat cepat dalam memberikan informasi seputar yang terjadi di seluruh penjuru dunia, bahkan sebelum media online memberitakan, twitter terlebih dulu mengabarkan.

Namun yang saya suka dari FB Newswire ini adalah, mereka memposting berita-berita dari sumber dan jurnalis terpercaya, sehingga beritanya bisa dipertanggung jawabkan. Berbeda dengan twitter yang hanya mengandalkan kecepatan penyebaran informasi saja, yang sangat memungkinkan penyebaran berita HOAX alias tipu-tipu terjadi sangat besar. Twitter akan sangat berbahaya bagi para pengguna newbie yang tidak crosscheck kebenaran suatu berita terlebih dulu.

Langakah perlilisan FB Newswire ini tentu saja semakin membuat Facebook menjadi jejaring sosial yang memiliki banyak fitur dan semakin terdepan dalam bisnis ini. Setelah sukses membeli WhatsApp dengan nilai yang fantastis, baru-baru ini Facebook juga dikabarkan membeli ProtoGeo Oy, sebuah perusahaan dibalik aplikasi fitness Moves.

Sebagai pengguna Facebook garis keras, keberadaan FB Newswire ini membuat saya bisa menikmati dan membaca headlines dari penjuru dunia dari sumber terpercaya. Jadi ada satu alasan lagi jika masih ada yang bertanya, “hari gini masih mainan Facebook?” 

sumber: FB newsroom

sumber gambar: Twin Design / Shutterstock.com

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.