Ini Bro Rangkuman Fitur iOS 8 yang Perlu Kamu Tahu

  • Share
Fitur-Fitur iOS 8
Fitur-Fitur iOS 8

NGONOO.com – Tahun lalu, Apple melakukan perubahan tampilan yang cukup signifikan untuk operating system terbaru mereka, iOS 7. Tapi di WWDC 2014 tadi malem (waktu Indonesia) saat pengumuman iOS 8, tidak ada perubahan frontal pada desain dan antarmuka iOS 8 yang kita nantikan itu. Tapi ada beberapa details dan animasi yang berubah. Kecewa? Jangan dulu.

Meski cuma sedikit perubahan User Interface, tetapi cukup banyak perbaikan dan penambahan fitur yang bakal kamu temukan di iOS 8 loh pren. Ya, meskipun kalau boleh jujur emang beberapa diantaranya sudah ada di platfrom lain. Oke, ini beberapa hal yang perlu kamu tau mengenai iOS 8.

Release Date & Kompatibilitas

Pertama, Apple iOS 8 untuk developers sudah bisa didownload saat ini juga. Dan untuk pengguna umum, kira-kira akan dirilis akhir musim gugur tahun ini.

iOS 8 akan tersedia untuk Apple iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, dan tentunya generasi iPhone terbaru nanti, iPhone 6. Selain itu, untuk perangkat tablet, akan tersedia untuk iPad 2, iPad with Retina display, iPad Air, iPad Mini, dan iPad Mini with Retina display. Sedangkan untuk perangkat iPod, cuma tersedia untuk iPod Touch 5th generation.

Fitur Baru

Nah ini yang ditunggu-tunggu. Ada apa saja sih di iOS 8 yang terbaru itu? Check it out gaesss !!

Health

Health atau HealtKit bagi Developer adalah layanan baru Apple di iOS yang mana akan menghubungkan layanan2 dalam satu aplikasi. Selain itu, dengan Health ini memungkinkan terkoneksi ke layanan kesehatan lain.

Fitur Health Hub iOS 8
Fitur Health Hub iOS 8

Salah satu update yang udah banyak ditunggu nih kayaknya. Sebuah aplikasi kesehatan yang bakal ngumpulin data kesehatan kamu. Seperti aktivitas harian, penghitung kalori, tekanan darah, detak jantung, dan lain-lain. Ya itu semua butuh alat tambahan, yang mungkin harganya gak kaya kacang goreng. Tapi Apple juga melakukan kerjasama dengan Mayo Clinic. Tau kan? Itu populer banget di US. Banyak informasi yang biasanya harus kamu dapetin dari beberapa aplikasi, bakal tersedia dalam satu aplikasi ini.

Notifikasi dan widget Aplikasi pihak ke-3

Fitur Notifikasi dan Widget di iOS 8
Fitur Notifikasi dan Widget di iOS 8

Kalau di iOS 7 kamu harus masuk ke pesan dulu untuk membalas sebuah pesan, di iOS 8 nanti kamu bisa langsung bales sebuah pesan, email, Facebook, Tweet, langsung dari akses pull-down notification center. Mungkin ada yang teringat fitur ini di OS sebelah? Iya..begitulah.

Dan gak cuman itu bero sest, soalnya notification center di iOS 8 nanti, bakal membuka dirinya untuk widget pihak ke-3. Yeaaahh!! Kemungkinan ya aplikasi-aplikasi populer yang langsung punya fitur ini.

Daftar Kontak di Multitasking Switch

Fitur Multitasking di iOS 8
Fitur Multitasking di iOS 8

Not yet true multitasking. Tapi cuma ditambahin view kontak yang paling sering kamu hubungin diatas penampakan aplikasi yang sedang berjalan.

QuickType keyboard

Perbaikan dari fitur yang sudah ada sebelumnya bero dan sest, di iOS 8 nanti bukan cuma standar text predictions. Tapi nanti ada prediksi frasa, atau kata yang bakal kamu ketik. Kata-kata itu muncul berdasarkan apa yang kamu ketik sebelumnya. Jadi dicontohin pas acara WWDC itu begini kasusnya :

Fitur QuickType Keyboard di iOS 8
Fitur QuickType Keyboard di iOS 8

Kamu tanya “what do you have planned?”

Temen kamu jawab “Do you want to go for dinner or a movie?”

iOS 8 terus ngeramal jawaban yang bakal kamu kasih. Ada A movie, Dinner, Not Sure.

Tapi useless mungkin ya di Indonesia. Lagian ngetiknya harus kaya ngetik suarat lamaran kerja, ga boleh di singkat-singkat biar keren.

Messaging tambah Komplit

Fitur ini sudah NGONOO bahas bero, jadi tinggal lihat aja Laporan WWDC 2014: Message App iOS 8 Bisa Kirim Suara dan Video Messages.

Yang cukup spesial, Messaging App ini sekarang bisa Share Video, Lokasi dan Audio Message mirip Facebook Messenger, Telegram atau WhatsApp itu. Nah spesial buat Group Message, sekarang bisa Edit, Rename Group, Remove dan Add member.

Family Sharing

Fitur Family Sharing di iOS 8
Fitur Family Sharing di iOS 8

Di fitur ini, kamu bisa share berbagai hal seperti foto, reminder, calendar, musik, aplikasi, dan lain-lain. Yang cukup bermanfaat sih kayaknya ya, satu kartu kredit untuk anggota family sharing ini. Jadi misal dedek atau anak-anak pegang iDevice sendiri, tetap bisa dikontrol oleh orang tuanya. Dari aplikasi yang terpasang, ataupun pembelian aplikasi. Karena begitu si anak mau beli sesuatu dari App Store, akan muncul notifikasi permintaan izin.

Spotlight

Fitur Spotlight di iOS 8
Fitur Spotlight di iOS 8

Spotlight itu kadang berguna banget saat kamu punya banyak aplikasi, dan males nggeser-nggeser buat nyari aplikasi itu. Atau intinya mencari sesuatu yang kamu gak tau pasti lokasinya dimana. Di spotlight iOS 8, ada perbaikan pencarian mengenai apa aja. Berita, aplikasi yang diinstal, sampe lagu yang ada di iTunes pun bisa. Jadi pas iDevice kamu dipegang sama gebetanmu, doi bisa langsung cari di spotlight kata-kata yang mengandung “ayank”, “sayang”, “beb”, “cinta”, dan lain-lain yang mencurigkan. Agak bahaya ini kalau doi tau.

Keyboard pihak ketiga

Fitur Keyboard Pihak Ke-3 di iOS 8
Fitur Keyboard Pihak Ke-3 di iOS 8

Yeayyy..Pasti kamu pernah baca fitur word flow nya Windows Phone yang sempat mengukir rekor mengetik tercepat di dunia? Tapi sayangnya kemudian rekor itu dipecahkan sama Flesky yang muncul di Android. Dan di iOS 8 nanti, dikau para pengguna iDevice juga bisa menikmati kemampuan saint seiya super itu. Sudah ada Swiftkey, Swype, dan Flesky yang konfirmasi bakal bekerja untuk keyboard di iOS 8. #Huhh, udah di Android kan?

Beberapa fitur lain di iOS 8

  • Siri : katakan “Hey, Siri” untuk mengaktifkan Siri. Ya kaya “OK, Glass gitu”, gak harus pencet tombol home dua kali.
  • App Store : Lihat fitur baru App Store di iOS 8.
  • Photos : Nanti foto-foto yang ada di iDevice kamu, bisa disinkronkan dengan beberapa perangkat sekaligus, termasuk ada tambahan fitur editing untuk kecerahan dan warna. Jadi, kamu bisa edit foto dari iPhone maupun iPad, dan hasilnya akan langsung update di dua perangkat tersebut (kalau di sinkronkan).
  • Enterprise : Fitur yang dikhususkan buat Enterprise dengan tingkat keamanan tinggi, passcode untuk berbagai aplikasi penting, manajemen yang lebih baik, dan penyimpanan cloud yang lebih beragam.
  • Handoff : Fitur ini memungkinkan pengguna memulai sebuah aktivitas di iDevice yang satu, dan meneruskan di iDevice lainnya.
  • Camera : Ada fitur manual control dari kamera kamu nantinya. Mulai dari fokus, white balance, dan exposure setting.
  • Touch ID : Khusus buat perangkat yang udah pake touch ID, nanti aplikasi yang ada di iDevice kamu juga bisa dilindungi menggunakan fitur ini. Jadi gak cuman pas ngebuka perangkatnya aja, tapi juga buka aplikasi.
  • Games : Ini khususnya buat para developer game. Bisa pake framework SceneKit, SpriteKit, dan Metal buat mbikin game nya makin keren.

Ya sepertinya itu saja dulu ya pren..nanti kalau ada yang ketinggalan boleh ditambahin lagi tho. Enak ga ya? 😀

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.