Inilah Robot Penendang Pertama Piala Dunia 2014 Itu

  • Share
Penendang Pertama Piala Dunia 2014
Penendang Pertama Piala Dunia 2014

NGONOO.com – “Gak mungkin, pasti 1 diantara 22 pemain Brasil atau Kroasia yang kana menendang pertama kali pada Piala Dunia 2014, wong kedua negara ini jadi partai pembuka kok”.

Tenang dulu bero dan sest, pertandingan pertama memang Brasil Vs Kroasia, tapi yang nendang pertama bukan berarti mereka. Kok bisa? Bisa donk, namanya juga Iron Man. Kalau Iron Man lagi #Selo kerjaanya nyanyi, sekarang punya kerjaan tambahan jadi penendang bola.

Gak salah, yang jadi penendang pertama bola di Piala Dunia 2014 bukanlah Neymar, Hulk, apalagi Mario Mandzukic yang jelas kena suspend. Tapi udah positf yang nendang itu Iron Man pokoke. Cuman sayangnya bukan Iron Man yang pake baju jirah merah-merah itu, Ini Iron Man lain di dunia nyata.

Jadi ceritanya, seorang dokter di Brasil bernama Miguel Nicolelis memprakarsai tim pencipta robot ini dengan 156 tim ilmuwan dari seluruh dunia. Robot itu merupakan rangka yang akan digunakan oleh para penyandang cacat, atau orang yang lumpuh dan identitasnya masih dirahasiakan. Ya orang ini yang nantinya mendapat kesempatan untuk menendang bola Piala Dunia 2014.

Robot yang dikendalikan otak

Jangan salah, robot yang sudah didesain sedemikian rupa hasil dari pengejawantahan dari ide om Miguel sejak tahun 2002 ini bisa digerakan menggunakan otak sang pemakai.

Robot Exoskeleton Penendang Bola PD 2014.
Robot Exoskeleton Penendang Bola PD 2014.Courtesy/AFP

Kerangka robot tersebut bero, memiliki beberapa bagian diantaranya topi. Fungsinya untuk menerima sinyal dari otak, kemudian memberikan relay pada komputer di rangka exoskeleton. Kalau udah, sinyal itu dikirim ke seluruh bagian rangka sehingga bisa bergerak. Bukan cuma bisa menggerakan menggunakan otak, tetapi orang yang menggunakan rangka tersebut juga bisa merasakan sensasi dari apa yang telah dilakukannya. Wahh, pokoke njlimet, susah, mumeti lah. Ga usah dipikir banget-banget lah, kita mikir cara melihat tanggal lahir akun Twitter aja.

” Ini adalah pertama kalinya sebuah exoskeleton dikendalikan oleh otak dan memiliki umpan balik” kata om Miguel.

Ahh, jadi keingetan RoboCop nih. Tapi kan om Miguel udah merencanakan pembuatan robot ini dari tahun 2002, jadi mungkin RoboCop yang niru2. Mungkin lho.

Jadi sekarang kamu bisa taruhan sama temenmu, siapa yang akan menendang bola pertama kali. Trus yang kalah harus menyediakan kopi, sncak, dan keperluan nobar selama pertandingan Piala Dunia 2014 berlangsung. Usahakan cari temen yang kurang paham internet. NGONOO lho

Gambar : Robot Piala Dunia 2014 via AFP

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.