ASUS Zenfone Max Pro M2

MIUI6: Itu Android Apa iOS?

Afit Husni | Teknologi | 18 Aug, 2014

Halo sobat NGONOO yang budiman. Pembuat smartphone berbasis Android asal China yang baru nge-hits, Xiaomi belum lama ini meluncurkan update-an terbaru dari ROM (launcher?) mereka. MIUI6 merupakan versi terbaru yang dibuat oleh Xiaomi, dan konon MIUI6 ini akan segera hadir bersama device terbaru dari Xiaomi tidak lama lagi. Nah meskipun menggunakan Android sebagai basis dari sistem operasinya, MIUI6 ini malah menjadi makin mirip iOS, ya di versi sebelumnya juga udah mirip sih. Tapi versi baru ini jadi tambah bikin mirip. Kalau ga percaya bisa lihat videonya di bawah ini.

Nah mirip kan?

MIUI sendiri awalnya berdiri sebagai launcher Android sejak empat tahun lalu, dan Xiaomi mengklaim bahwa MIUI ini sudah digunakan oleh 70 juta pengguna di seluruh dunia, beberapa device Android yang bukan buatan dari Xiaomi juga bisa menggunakan MIUI ini.

Nah, meskipun MIUI6 ini mirip sama iOS, namun pak Hugo Barra, selaku Global VP dari Xiomi ga mau dianggap klo MIUI itu hasil jiplakan iOS (ya iyalah!), Pak Hugo mengatakan, Xiaomi memang terinspirasi oleh Apple, namun tidak menirunya! dia menambahkan, orang-orang yang bilang klo Xiaomi itu niru (kebanyakan yang bilang dari Amerika / Silicaon Valley) itu karena mereka tidak memiliki atau tidak pernah nyobain device Xiaomi, jadi ga tau bagaimana bedanya Xiaomi dengan poriduk Apple.

Nah buat kalian yang udah pernah pegang-pegang Xiaomi dan merasakannya, apakah bener apa yang dikatakan oleh Hugo Barra, klo Xiaomi itu ga njiplak Apple?

sumber: TNW