ASUS Zenfone Max Pro M2

Hape-Hape Jadul Pelopor Layar Berwarna

Radityo | Hiburan | 09 Oct, 2014

Hape mengalami evolusi yang cukup panjang ya gais, dari jaman dulu yang bentuknya gede-gede dan tebel sampai menjadi hape bentuk sekarang yang serba tipis, walopun dari segi ukuran ada yang gede tapi ada pula yang sedang-sedang aja. Teknologi hapepun juga pastinya ikut mengalami evolusi gais, dari hape yang cuma bisa dipake buat telpon dan sms sampai sekarang hape yang bisa dipakai buat internetan, foto-foto, nyuting pideo, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Dari sisi display juga mengalami evolusi loh gais, tau sendiri kan kalo jaman dulu hape tuh layarnya cuma monochrome alias gak ada warnanya, sampe hape jaman sekarang yang mempunyai resolusi layar ultra HD. Kalo resolusi layarnya udah ultra HD gitu dijamin deh gambarnya bisa jernih banget, pokoknya memanjakan mata.

Tentunya nih sebelum hape jaman sekarang yang mempunyai tingkat resolusi layar ultra HD pasti diawali dulu dengan hape yang layarnya udah berwarna. Walopun tingkat ketajaman layarnya belum oke, tapi buat ukuran dijamannya kemajuan layar hape berwarna udah sangat maju gais. Mau tau hape jadul apa aja yang menjadi pelopor hape layar berwarna? Ini nih inponya gais.

1. Siemens S10

Menurut sejarah, hape pertama yang menjadi cikal bakal hape berwarna adalah Siemens S10. Siemens pada kala itu berani mendobrak tatanan layar hape yang didominasi oleh layar monochrome, tepatnya sih pada tahun 1998 saat Siemens mengeluarkan Siemens S10 ini. Walopun Siemens S10 merupakan hape pertama yang menggunakan layar berwarna, namun warna yang dihasilkan oleh hape ini cuma terdiri dari 4 macam warna aja gais, yaitu merah, biru, ijo, dan putih. Tapi tetep aja ya gais, walopun cuma terdiri dari 4 warna aja, hal tersebut merupakan kemajuan teknologi yang luar biasa.

2. Nokia 9210 Communicator

Nih hape paling canggih di jamannya gais, Nokia 9210 Communicator. Dulu kalo ada yang pake hape ini udah berasa orang paling sukses, soalnya keliatan wah banget gitu. Dan hape dari Nokia inilah yang menjadi hape full color pertama. Hape ini sendiri diluncurkan pada tahun 2000, dengan layar LCD berelousi 640 x 200 pixel tentunya saat itu udah “wah” banget. Selain itu fitur yang ditawarkan hape ini juga oke banget, karena udah bisa buat membuka web, buat ngegame, dan warna yang dihasilkan oleh layar hape ini mencapai 4096 warna. Dari segi bentuk juga hape ini udah keliatan hape dengan teknologi tinggi, karena hampir mirip dengan laptop tapi dengan ukuran yang kecil.

3. Sanyo SCP-5000

Mesti pada heran kan kalo Sanyo ternyata pernah menelurkan hape, karena emang Sanyo sendiri lebih identik dengan mesin penyedot air sumur. Hape dari Sanyo ini dirilis pada tahun 2001, tepatnya dirilis di pasar Amrik sono. Hape ini sendiri mempunyai ukuran layar sebesar 2 inch, termasuk udah besar loh pada jamannya gais. Layarnya sendiri bisa menghasilkan warna lebih dari 256 warna. Harga yang ditawarkan Sanyo pada kala itu juga udah termasuk tinggi, karena hape ini dijual dengan harga 500 Dollar Amrik, wah mahal juga yaa.

4. Ericsson T68

Hape Jadul Ericsson T68

Hape Jadul Ericsson T68 via Phone Arena

Ini nih hape yang pada masanya merupakan hape mahal, karena dijual dengan harga lebih dari 600 Dollar Amrik. Ericsson merilis hape ini pada akhir tahun 2001. Dibalik harganya yang mahal, hape keluaran Ericsson ini mempunyai fitur dan teknologi yang oke loh gais. Resolusi layar hape ini 101 x 80 pixel, dan bisa menghasilkan 256 warna. Selain itu, dari segi bentuk juga hape ini merupakan hape dengan bentuk paling compact pada masanya, dan tentunya dengan fitur-fitur yang juga keren pada kala itu.

Itu gais beberapa hape jadul yang menjadi pelopor hape dengan layar warna, dan mungkin kalian pernah punya salah satu dari hape tersebut, ato bahkan masih menggunakan salah satu dari hape tersebut? Gak papa kalo masih ada yang pake hape jadul, yang penting muka jangan jadul gais, okeee.