ASUS Zenfone Max Pro M2

LG G3 Kamu Bermasalah? Coba Cara Ini Biar Masalahnya Ilang

Radityo | Tip & Trik | 08 Oct, 2014

Membeli hape baru tentunya yang paling diinginkan adalah hape tersebut bisa dioperasikan dengan sempurna dan lancar. Soalnya kan beli hapenya baru, alias masih di dalam kardus dan masih tersegel, beda cerita kalo membeli hape seken, nah itu baru bisa menyebabkan masalah. Tapi yang namanya masalah gak cuma menghampiri hape seken aja loh gais, hape baru juga terkadang mengalami masalah.

Artikel kali ini mungkin berguna buat para pengguna hape LG G3, tau slogannya LG kan gais? Itu loh Life’s Good, tapi ya kalo hapenya masih dalam keadaan baru dan tau-tau rusak ya gak life’s good lagi dong ya? Sama seperti hape baru lain yang emang terkadang mengalami “cacat”, hal serupa juga dialami oleh LG G3. Hape ini emang termasuk baru dan termasuk dalam jajaran hape high-end, namun sayang sejumlah pengguna banyak yang mengeluhkan adanya permasalahan-permasalahan di hapenya.

Oleh karena itu akan dibahas apa saja toh permasalahan-permasalahan yang sering menimpa hape ini, serta bagaimana cara untuk memperbaikinya. Monggo disimak gais.

1. LG G3 Tiba-Tiba Mati Sendiri

Hape LG G3 Mati Sendiri

Hape LG G3 Mati Sendiri via Android Authority

Penyebab hape ini mati sendiri bukan diakibatkan karena gangguan hantu, buang jauh-jauh pikiran kayak gitu gais. Sebenernya kalo hape ini mati secara otomatis tinggal dipencet tombol powernya juga udah nyala lagi kok, tapi ada beberapa kasus yang harus melepas dulu baterainya kemudian dipasang lagi dan hapenya baru bisa dihidupkan. Kalo udah gitu kan ribet ya gais. Buat mengatasi hal tersebut ada dua solusi yang bisa kalian ikuti:

– solusi pertama yang paling mudah adalah melakukan factory reset. Kalo kalian melakukan hal ini semua data yang ada di hape akan ilang gitu aja, makanya dibackup dulu data-datanya gais. Cara untuk melakukan factory reset juga mudah, masuk aja ke menu Setting > General > Backup and Reset > Factory Data Reset > Reset Phone > Erase Everything. Kalo udah dilakukan factory reset coba diliat hapenya masih sering mati secara otomatis apa gak, kalo masih mati secara otomatis bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh aplikasi tertentu.

– Solusi yang kedua adalah apabila hal tersebut bukan diakibatkan oleh masalah sotware, berarti ada yang salah dengan baterai hape kamu gais. Bisa jadi baterai hape kamu mengalami cacat, kalo dah gitu jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya. Berhubung hape LG G3 masih termasuk baru, coba aja diklaim garansinya.

2. LG G3 Jadi Panas

Hape LG G3 Terlalu Panas

Hape LG G3 Terlalu Panas via Android Authority

Kalo hape kamu mengalami panas jangan terus dikompres atau dimasukin kulkas biar adem ya gais. Masalah ini bisa jadi diakibatkan oleh seringnya kamu menggunakan hape untuk ngegame, atau untuk nonton pideo terlalu lama, atau bahkan karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan secara bersama-sama. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara:

– Matikan aplikasi yang udah gak kamu pake lagi dan pastikan juga auto sync dari aplikasi udah mati. Cara untuk melakukannya mudah kok gais, kamu bisa masuk ke menu Setting > General > Applications > lalu pilih aplikasi mana yang ingin dimatikan auto sync-nya.

– Permasalahan tersebut bisa juga disebabkan oleh resolusi display yang terlalu tinggi yang menyala terus untuk waktu yang lama serta tingkat kecerahan/brightness yang terlalu tinggi. Sebenernya LG G3 mempunyai fitur dimana secara otomatis akan meredupkan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi apabila layar menjadi terlalu panas, namun alangkah baiknya kalo kamu mengatur tingkat kecerahannya jangan tinggi-tinggi, pokoknya yang sedang-sedang aja gais.

– Masalah tersebut bisa juga disebabkan oleh cover yang kamu templokkan/pasang di LG G3. Soalnya emang ada beberapa cover yang bisa bikin hape menjadi cepat panas, kalo emang gara-gara masalah tersebut cuma satu solusinya, lepas aja covernya gais.

– Tapi kalo hape LG G3 kamu masih aja panas dengan sendirinya walopun sedang gak kalian gunakan segera ajukan klaim garansinya, sapa tau hape tersebut ada yang cacat dari segi komponennya.

3. Interface LG G3 Jadi Lemot

Beberapa pengguna hape ini juga ada yang mengeluhkan kalo hapenya menjadi lemot, kalo lagi masuk dan keluar dari aplikasi kadang sering lemot, bahkan respon saat disentuh jari juga menjadi lemot. Permasalahan tersebut bisa jadi disebabkan oleh fitur G UI, dan ini cara untuk memperbaikinya:

– Kamu harus mengakses Developer Option agar bisa mengubah beberapa settingan. Caranya masuk ke menu Settings > About Phone > Software Information, kemudian tap di menu Build Number sebanyak 7 kali. Kalo udah kembali lagi ke menu utama Setting dan kamu akan melihat menu Developer Option. Setelah itu kamu bisa mengurangi atau menonaktifkan Windows animation scale, transition animation scale, dan Animator duration scale.

– Solusi untuk memperbaiki tingkat respon akan sentuhan jari bisa kamu lakukan juga dengan mudah kok gais. Caranya tinggal masuk ke menu Settings > Accessibility > Touch and Hold Delay, lalu atur pilihan tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

4. Umur Baterai LG G3 Yang Mungkin Akan Cepet Habis

Baterai Hape LG G3

Baterai Hape LG G3 via Android Authority

Kapasitas baterai yang disematkan di hape ini terbilang besar loh gais, yaitu 3000mAh. Soalnya baterai ini harus mampu menyuplai energi untuk display dengan tingkat resolusi tinggi yang dimiliki hape ini. Oleh karena itulah beberapa pengguna mungkin khawatir kalo umur baterai hapenya gak akan lama alias cepet habis. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar umur baterai bisa bertahan lumayan agak lama daripada seharusnya, ini nih caranya:

– Kamu bisa menyetting tingkat kecerahan pada tingkat yang rendah, yang penting masih bisa dibaca tulisan yang ada di layarnya. Selain itu kamu juga bisa mematikan beberapa aplikasi yang masih berjalan yang sudah gak kamu pake lagi. Setting pula beberapa settingan yang bisa bikin baterai jadi boros, semisal mematikan suara game dan mengecilkan volume panggilan dan pesan masuk.

– Install aplikasi yang bisa menghemat baterai, ada banyak kok di Google Play Store gais, seperti misalnya Juice Defender. Atau kamu bisa juga memanfaatkan fitur penghemat baterai bawaan hape ini, masuk aja ke menu Settings > General > Battery > Power Saving Mode.

– Matikan aplikasi yang emang bikin baterai jadi boros. Buat mengeceknya masuk aja menu Settings > General > Battery > Battery Use, dan jika ada aplikasi yang terus menyala serta bikin baterai jadi boros segera cek settingan aplikasi tersebut. Ato kalo kamu merasa gak perlu aplikasi tersebut bisa juga diuninstall gais.

– Kalo baterai emang masih boros banget secara tidak wajar alias ngedrop, berarti emang kudu ganti dengan baterai yang baru, coba aja klaim garansinya, kalo gak bisa ya terpaksa jajan baterai baru lagi gais.

Gais masih ada loh permasalahan umum lain yang sering melanda hape LG G3, makanya tetep pantengin terus NGONOO ya karena akan dibahas di artikel selanjutnya.

gambar: Shutterstock.com">Hape LG G3 via Shutterstock