Tips Agar Motor Hemat BBM

Motor Lagi diisi Bensin
Motor Lagi diisi Bensin

Kenaikan harga bahan bakar minyak atau bbm pada beberapa hari yang lalu memang menjadi keputusan sulit yang harus diambil oleh pemerintah. Keputusan kenaikan harga bbm ini juga menimbulkan berbagai efek di masyarakat, karena akan memberikan efek berantai pada kenaikan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.

Seperti yang kita lihat di berita-berita kalau demo terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Namun walaupun banyak yang menolak atau tidak setuju dengan kenaikan harga bbm, ternyata tidak sedikit pula yang mendukung keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bbm.

Kenaikan harga bbm ini tentu saja juga menimbulkan berbagai dampak di masyarakat. Terlebih lagi mereka yang menggunakan kendaraan bermotor dalam segala aktivitasnya. Pasti pengeluaran untuk beli bbm semakin membengkak ya gais.

Nah sebagai masyarakat yang cerdas, seharusnya kita tidak perlu berlarut-larut akan hal ini gais. Kita bisa menyikapi hal tersebut dengan cara menerapkan pola hemat bbm dari diri kita sendiri. Caranya? Tentu saja dengan berkendara secara efisien agar bahan bakar di kendaraan jadi hemat alias irit.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan diberikan tips biar kendaraan kalian bisa hemat bbm. Monggo disimak gais tips-tips berikut ini.

1. Selalu periksa tekanan angin ban

Ban Motor Lagi diisi Angin
Ban Motor Lagi diisi Angin

Mungkin kegiatan ini terlihat sepele ya gais. Namun ternyata kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat jika kalian ingin menghemat bbm. Selalu usahakan tekanan angin pada ban dalam kondisi normal. Jangan sampai gembos, karena kalau ban gembos tarikan motor akan menjadi berat. Hal ini tentu saja akan membuat konsumsi bbm jadi boros gais.

2. Putar gas secara konstan

Kalau kalian lagi naik motor dan seneng buka-tutup gas kalian harus segera menghilangkan kebiasaan tersebut gais. Karena ternyata buka-tutup gas secara berlebihan akan membuat pasokan bbm ke mesin menjadi boros. Usahakan kalau melintir gas secara konstan, dipelintir aja dengan penuh perasaan gais biar bensinnya irit.

3. Atur jarak main kampas rem

Jarak kampas rem yang terlalu dekat/menempel dengan piringan cakram atau dengan tromol akan membuat roda motor tidak berputar dengan lancar alias berat. Kalau udah gini dipastikan mesin akan bekerja ekstra untuk membuat motor melaju, dan tentu saja akan berdampak pada konsumsi bbm yang boros. Usahakan jarak kampas rem jangan terlalu dekat dengan piringan cakram atau tromol, beri jarak secukupnya aja gais. Namun kalian membutuhkan jasa mekanik kalau untuk urusan yang satu ini.

4. Cek pelumas rantai kendaraan

Mengecek Pelumas Rantai Motor
Mengecek Pelumas Rantai Motor

Baik motor manual atau motor matic pasti mempunyai rantai untuk menggerakkan roda. Sebisa mungkin selalu perhatikan kondisi pelumas pada rantai agar kerja rantai bisa tetap lancar. Dengan begitu distribusi tenaga dari mesin ke roda menjadi lancar dan konsumsi bbm juga bisa efektif.

5. Ganti pelumas mesin/ Oli mesin secara berkala

Ini yang biasanya sering terlambat dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Sebisa mungkin ganti oli mesin secara berkala ya gais, menurut aturan dari pabrikan sih setiap 2.000 – 2.500 km sekali oli mesin haruslah diganti. Hal ini berfungsi agar kerja mesin tetap lancar sehingga konsumsi bbm juga bisa efektif gais.

6. Memanaskan motor tidak usah lama-lama

Motor jaman sekarang udah canggih kok gais. Jadi kalau mau manasin tidak usah lama-lama, ya kurang lebih 1 menit aja. Kalau kalian manasin mesin berlama-lama dijamin deh bbm akan terbuang percuma.

7. Lakukan perawatan berkala

Motor Lagi diservis
Motor Lagi diservis

Namanya juga mesin pasti butuh perawatan ya gais. Kalian yang sayang sama motor kalian diharapkan melakukan servis berkala pada motor. Jika motor diservis secara berkala maka kinerja motor akan bisa maksimal dan tentunya konsumsi bbm bisa se-efisien mungkin.

8. Jaga perilaku berkendara di jalan

Naik Motor Ngebut
Naik Motor Ngebut

Ini tips terakhir dan mungkin yang paling penting gais. Kalau kalian udah merawat motor kesayangan maka sekarang giliran kalian yang mengemudikan motor tersebut dengan baik. Buat yang hobi gebar-geber gas alias “bleyar-bleyer” jangan lakukan hal itu lagi. Selain bikin bising juga berpengaruh sama konsumsi bbm kalian yang jadi boros. Jangan suka ngebut juga gais, karena kalau kalian ngebut maka bbm akan menjadi boros, selain itu ngebut juga bahaya, kecuali kalau dilakukan di sirkuit. Pokoknya yang sedang-sedang aja gais kalau melaju di jalan.

Ya udah itu aja beberapa tips yang bisa kami bagi buat kalian. Atau kalau punya tips lain juga bisa dibagikan kepada kami dan juga kepada sobat NGONOO yang lainnya. Semoga tips tadi bermanfaat gais.

Gambar: Motor Lagi diisi Bensin via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.