Arsip  

Salah Satu Film Terbaik Sundance Ini Direkam Hanya Dengan iPhone 5S

Cowok Lagi Merekam Pakai iPhone 5S
Cowok Lagi Merekam Pakai iPhone 5S

NGONOO.com –  Buat kalian yang suka dengan dunia film pasti sudah tau apa itu Sundance Film Festival. Festival ini merupakan festival dimana para pembuat film dari seluruh dunia kumpul menjadi satu, dan nanti akan dipilih film terbaik dari semua film yang masuk nominasi, mirip-mirip acara penghargaan gitu lah gais.

Sebagian besar film yang diputar di Sundance Film Festival ini memang film yang direkam dengan kamera profesional, sehingga hasil gambarnya juga bisa maksimal. Namun ternyata ada satu film yang adegannya direkam hanya menggunakan iPhone 5S. Film tersebut adalah Tangerine.

Walaupun adegan dalam film tersebut diambil menggunakan iPhone 5S tapi jangan remehkan hasil rekamannya, karena hasilnya sungguh sangat luar biasa, gak kalah deh dengan film yang direkam pakai kamera profesional.

Bikin Film Pakai iPhone
Bikin Film Pakai iPhone

Bukan cuma itu aja, film Tangerine ini ternyata juga masuk sebaga kandidat film terbaik dalam Sundance Film Festival loh. Keren ya. Film ini sendiri mengisahkan tentang cerita seorang transgender yang bekerja sebagai PSK ditengah glamornya kehidupan Hollywood.

Memang sih banyak pembuat film amatir yang mengambil/merekam adegan dalam film buatannya hanya dengan mengunakan iPhone, namun film Tangerine ini beda. Karena film ini merupakan film pertama dalam ajang Sundance Film Festival yang direkam hanya dengan menggunakan iPhone. Tentu aja untuk membuat film ini hanya dibutuhkan budget yang sedikit, merekamnya kan hanya pakai iPhone 5S.

Adegan Film Tagerine
Adegan Film Tagerine

Sang sutradara, yaitu Sean Baker memang terkendala dengan biaya produksi untuk membuat sebuah film, makanya dia memutuskan untuk pakai iPhone buat merekam adegan-adegan dalam filmnya. Menurut Baker hanya 4 hal yang dibutukan untuk membuat film pakai iPhone.

Pertama tentu aja membutuhkan iPhone, dimana dalam film ini Baker dan timnya menggunakan 3 buah iPhone. Yang kedua adalah sebuah aplikasi berbayar dengan harga $8 yaitu Filmic Pro, aplikasi ini berguna untuk mengatur fokus, aperture, dan temperatur warna. Yang ketiga adalah Steadicam/tripod, benda yang satu ini memang sangat dibutuhkan untuk menjaga iPhone agar tidak goyang saat dipakai merekam adegan. Hal terakhir atau yang keempat adalah Anamorphic adapter lens, atau adapter lensa buat iPhone. Dengan lensa itu maka hasil gambar yang direkam bisa sangat bagus gais.

Gak nyangka ya sebuah film bisa direkam hanya dengan menggunakan iPhone 5S, bahkan dengan hasil yang luar biasa. Kalian yang suka bikin film dan punya iPhone, mungkin bisa lebih menggali kemampuan membuat film kalian dan menggali kemampuan iPhone kalian. Siapa tau aja bisa menyamai prestasi mas Baker, atau bahkan bisa lebih lagi.

Gambar: Cowok Merekam Video Pakai iPhone 5S via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.